MINI RPP BAHASA INGGRIS X SEM 2 (WAJIB)
TOPIK
|
PEMBELAJARAN
|
ASSESMENT
|
WAKTU
| ||||
Lirik Lagu
|
STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics)
|
- Level cognitive : 1 – 6
- Skill 21th century : kritis, kreatif, komunikaasi, kolaborasi
- Keterampilan : menulis dan menampilkan lirik lagu
|
2 pertemuan (180 menit)
| ||||
KD 3
|
KD 4
| ||||||
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
|
4.9 Menangkap makna terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
| ||||||
IPK
|
IPK
| ||||||
1. Siswa dapat menyebutkan contoh lirik lagu
2. Siswa dapat menyebutkan tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dari lirik lagu
3. Siswa dapat membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam mengawali penyampaian lirik lagu
|
1. Siswa dapat mendemonstrasikan lirik lagu
2. Siswa dapat menulis rangkuman lirik lagu
| ||||||
KATA KUNCI
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
| ||||||
- Lagu
- Lirik
- Demonstrasi
- Struktur organisasi
|
Melalui kegiatan grup diskusi dengan model drill peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis lirik lagu sesuai fungsi social, kemudian menemukan makna berdasarkan observasi struktur social, dan menyusun teks dengan memperhatikan unsur kebahasaannya serta mempresentasikannya di depan kelas.
| ||||||
A. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
|
Sumber belajar
| ||||||
1. Pendahuluan (20 menit)
Siswa melakukan proses kritis dari video yang ditayangkan guru tentang lagu berbahasa inggris --- pert. 1 dan 2
2. Inti (140 menit)
- Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan arti kata-kata dalam lirik lagu ---Literasi --- 50 menit --- pert. 1
- Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan struktur organisasi yang ada dalam lagu --- Science --- 20 menit ---pert. 1
- Siswa berkolaborasi secara kreatif menemukan makna yang terkandung dalam lagu --- Engineering dan Art --- 30 menit
- Siswa mengkomunikasikan dengan presentasi hasil secara tim melalui praktik di depan kelas kemudian di edit dan di unggah dalam you tube ---40 menit
3. Penutup (20 menit)
- Tes tulis hasil belajar --- pert. 1
- Tes lisan hasil belajar --- pert. 2
- Informasi kegiatan pembelajaran berikutnya
|
- Buku siswa
- Quipper
- You tube
Alat praktik
- Smart phone
- Laptop
| ||||||
B. ASSESMENT PEMBELAJARAN
| |||||||
Pengetahuan
1. Mengartikan lirik lagu berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia
2. Menjawab pertanyaan bacaan
3. Menjabarkan struktur oragnisasi lagu
Keterampilan
1. Mendemonstrasikan lagu dalam tim di depan kelas
2. Mengunggah hasil presentasi/demonstrasi dalam you tube
| |||||||
C. Lampiran
- Lembar kerja siswa tentang lagu berbahasa Inggris
| |||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
H. AINUR ROFIQ, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700708 199802 1 005
|
Gresik, 16 Juli 2019
Guru Bahasa Inggris
Dra. KESI DAMAYANTI
NIP. 19690327 200003 2 003
|
LKS – LIRIK LAGU
A. Discuss questions for HERO!
1. What does the song talk about?
2. To whom is this song intended?
3. What messages can you get from the lyrics? How do you know?
4. Do you know any songs that have similar theme or message with the song above? Mention them.
5. In your opinion, why is this song entitled them?
B. Translate the lyrics into Indonesia!
C. Write the generic structure of the song!
Title
| |
Singer
| |
Theme
| |
Analysiz
|
D. Present (in group) the song in front of the class!
E. Upload in you tube!
LKS – LIRIK LAGU
Match the correct musical vocabulary to its definistion by writing the alphabet in the box.
A
|
B
|
1. A public performance
2. A collection of songs
3. The words of a song
4. One song from a collection
5. A classification of the most popular songs
6. Work on a project
7. Not recorded
8. A song with no words
9. The singing in a song
10. Easy to remember and sing
11. The music of a song
12. Recorded music at a concert
13. The music for a film
14. Copy music to disc or cassette
15. The most popular song in a classification
|
a. Album
b. Live
c. Single
d. Concert
e. Top ten
f. Backing track
g. Number one
h. Soundtrack
i. Lyrics
j. Vocals
k. Melody
l. Instrumental
m. Catchy
n. Record
o. Collaborate
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar