RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA …………………
Matapelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1 (Wajib)
Materi Pokok : ‘Expressing Intentions to do something’.
Alokasi Waktu : 4 JP (4x45 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
3.4 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator :
a. Siswa
memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
b. Siswa
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
c. Siswa
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
4.4
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam teks lisan dan
tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
“Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan
tentang niat melakukan sesuatu”
1.
Fungsi Sosial :
Menyatakan rencana
2.
Struktur Teks
- I’d like to say …..…… /we’d like to buy…..
- I’m going to go to Bali next week/ I’m attending the meeting tonight
- I want to
visit my friend tomorrow/ I plan to …..
- I intend to buy new car.
- How about…….?
- Do you have any idea?
- What’s your plan?
etc
3.
Unsur Kebahasaan
-
Kata kerja (Verb) di dalam ungkapan :
- I’d
like to + V1 + C
- I’m
going to + V1 + C
- I
want to+ V1 + C
- I
plan to+ V1 + C
- I
intend to + V1 + C
E.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
approach
2.
Model :Discovery learning
3.
Teknik :Role
play
F.
MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
Video
2. Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis dan In focus.
3. Sumber
Pembelajaran :
Kurikulum 2013, Audio CD/ VCD/DVD, SUARA GURU, Koran/ majalah / buku berbahasa Inggris k-13, www.dailyenglish.com,
http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files, http://learnenglish.britishcouncil.org/en/
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
b. Memberi
motivasi belajar
c. Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang
sesuai dengan materi yang akan disampaikan seperti :
- What are you going to do in your next lebaran holiday?
- Suppose
you will have Lebaran holiday. What are you going to do ?
d.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
(Based on my questions, Now, please guess! what
topic are we going to discuss today?)
e.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
(Yaitu materi tentang ungkapan
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, bagaimana fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan dan tata bahasa, intonasi, tekanan kata dsb)
2.
Kegiatan Inti (65
menit)
Mengamati
a.
Siswa mengamati dan mendengar serta membaca banyak kalimat yang menanyakan dan menyatakan
tentang niat melakukan sesuatu yang
terdapat dalam video “Camping” yang diputarkan.
b.
Siswa mengikuti
interaksi tentang pertanyaan dan pernyataan tentang menanyakan dan menyatakan
tentang niat melakukan sesuatu dengan
bimbingan guru (What are you going to do after school? ,I am going to go to my friend’s home , What are you going to do next holiday?, I’m going to go to Delegan Beach,
I’m going to go to Bali,
I’m going to buy a new car, …..etc
c.
Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat yang menanyakan dan menyatakan tentang
niat melakukan sesuatu (E.g : ?, I’m going to go to Delegan Beach,
I’m going to go to Bali,
I’m going to buy a new car, …..etc)
d.
Siswa mengidentifikasi
ciri kalimat yang menanyakan dan menyatakan
tentang niat melakukan sesuatu dengan
bimbingan dan arahan guru. (E.g. I’m going to + V1 + C.)
Mempertanyakan
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara
berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
Mengeksplorasi
a.
Siswa diberikan script berupa dialogue dan
mempraktekan ungkapan-ungkapan yang ada didalamnya secara berpasangan di bangku
masing-masing.
b.
Siswa membuat percakapan menurut contoh yang
sudah ada dalam video juga yang ada dalam dialogue dengan bahasa mereka
sendiri.
c.
Siswa memerankan percakapan yang mereka buat
tersebut (role-play) ke depan kelas secara berpasangan.
3.
Penutup (10 menit)
Siswa
diberi tugas untuk mencari dari sumber lainnya seperti teksbook dan internet
yang berisi ungkapan menanyakan
dan menyatakan tentang niat melakukan sesuatu.
PERTEMUAN KE 2
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a.
Mengucapkan
salam dan berdo’a bersama
b.
Menanyakan
tugas sebelumnya
c.
Mengulang
kembali materi sebelumnya secara sekilas
2.
Kegiatan Inti (65
menit)
Mengamati
a.
Siswa menyimak sebuah jazz chant I’ll climb
the highest mountain2 yang ditayangkan
b.
Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu yang terdapat dalam jazz chant.
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain dsb.
Mengeksplorasi
1.
Siswa menyanyikan jazz chant bersama-sama dan mengulanginya sampai lancar
2.
Siswa memodifikasi jazz chant dengan bahasa mereka sendiri.
Mengasosiasi
a.
Siswa membandingkan antara ungkapan niat
melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari (dalam video,
dialogue, jazz chant dan sumber lain yang mereka temukan di rumah).
b.
Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan
menanyakantentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa
Indonesia.
Mengomunikasikan
Siswa menyatakan dan menanyakan
tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dalam konteks simulasi di
dalam kelas, contonya kepada calon ketua OSIS, Pramuka atau ROHIS.
3.
Penutupan (10
menit)
-
Siswa diberi tugas untuk menuliskan
permasalahan dalam jurnal belajar.
-
Salam
H.
PENILAIAN
1.
Jenis/teknik
penilaian
-
tes kinerja dan tulis
Penilaian
proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas
mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.
Sikap:
- observasi, penilaian
diri, teman sejawat
(capaian
siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temnnya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating
scale) yang disertai rubrik.
- Jurnal, di dalam dan luar
kelas, berupa catatan pendidik.
Guru
mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan
keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan
siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan tes lisan.
Keterampilan:
Unjuk kerja/Praktik,
jurnal.
2.
Bentuk instrumen
dan instrumen
Role
play (memerankan dialogue dengan menggunakan ungkapan
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu)
3.
Pedoman penskoran
Rubrik
a. Aspek Sikap
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang disiplin percaya diri
1: tidak pernah percaya diri
|
b. Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan
sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan
sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 =
tidak memahami
|
c
. Aspek Keterampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan tindak komunikasi yang
tepat
|
5 = Selalu melakukan kegiatn
komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi
yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
|
Gresik, 26 Juni 2014
Mengetahui
Kepala SMA........... Guru
Mata Pelajaran
............................... ..............................
NIP. ... NIP
a. Aspek Sikap
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang disiplin percaya diri
1: tidak pernah percaya diri
|
b. Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan
sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan
sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
2 =
tidak memahami
|
c
. Aspek Keterampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan tindak komunikasi yang
tepat
|
5 = Selalu melakukan kegiatn
komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
|
Materi untuk
KD 3.4 dan KD 4.4
“EXPRESSING
INTENTIONS”
First Meeting (2 JP)
Task.1
1.
“Suppose you have much money now. What are you
going to do with your money?”
2. “
What will you do in this holiday?”
3. “
What would you like to do if you find a wallet on the way?”
Task.2
1.
Watch and listen carefully to the dialogue
played in the video!
2. Pay
attention to the ‘expressing intentions’ in the video! (E.g : I’m going to play
a magic tricks)
3. Follow
the expressions used in the video ! (I’m going to make Toni disappear.....etc)
4. Identify
the characteristics of the expressing intentions” in the video!
Task.3
1.
Act out the dialogue in front of the class!
2.
(Assignment at home). Find such dialogue using
the expressing intentions from internet or another resources! Rewrite in your
notebook!
Meeting 2 (2JP)
Task 5
1.
Listen to the jazz chant ‘I’ll climb the
highest mountain’(Grammar jazz chant, unit 14) and read carefully the text!
2.
Sing the Jazz Chant together!
Jazz Chant
script :
I’ll
climb the highest mountain2x
I’ll climb
the highest mountain”
I’ll
swim the deepest sea
I’ll walk
along the longest road
If
you will come with me
I’ll paint
the finest painting
For
all the world to see
I’ll
tell the sweetest story
If
you will walk with me
Task
6
1.
Compare the expressing intentions that you
have found in the video, dialogue and the jazz chant with the one that you have
found in internet or another resources !
2.
Compare the expressions above with the
Indonesian’s one!
Task
7
1.
Practise the expressing of intentions by
interviewing the leader of OSIS, ROHIS,
PRAMUKA, etc!
2.
Write a journal relating to the topic of ‘the
expressing intentions!”
ibu mohon izin copy , makasih bu :)
BalasHapusSangat membantu berkat ini jadi ada pandangan hehehe makasih bu.
BalasHapusibu mohon izin copast ya,
BalasHapusterima kasih postingan ibu sangat membantu kami dalam membuat RPP.