RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Nama
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1
Menganti
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Materi
pokok : Giving
announcement
Alokasi
waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian kompetensi
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat
belajar
2.3 Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.7.Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
·
Peserta
didik dapat menganalisis fungsi sosial teks announcement
·
Peserta
didik dapat menganalisis struktur teks
announcement
·
Peserta
didik dapat menganalisis unsur
kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisannya (tentang text annoucement)
·
Peserta
didik dapat menganalisis penggunaan kata
kerja tertentu dalam teks pemberitahuan (annaouncement).
4.11.
Menangkap
makna pemberitahuan (announcement).
·
Peserta
didik dapat menganalisis informasi detail dari teks annpuncement.
4.12.
Menyusun
teks tulis pemberitahuan (announcement),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·
Peserta
didik dapat menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
C. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mempelajari Bab 9, siswa diharapkan mampu:
1.
Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris tentang
teks pemberitahuan (announcement).
2. Menunjukkan
perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang teks pemberitahuan
(announcement).
3. Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan
(announcement).
4. Merespon
makna teks pemberitahuan (announcement).
5. Menyusun
teks tulis pemberitahuan (announcement).
D. Materi Pembelajaran :
Teks tulis berbentuk announcement
(pemberitahuan)
Fungsi
sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau
petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa,
kepala sekolah, dan staf administrasi
Struktur
Teks
2 Contoh
teks pemberitahuan (announcement)
teks
pengumuman disusun dengan organisasi yang berupa opening, content, dan closing.
Unsur
kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat,
dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak
yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout,
dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik
E. Metode Pembelajaran :
Pendekatan
scientifik
Strategi
: Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok
F. Media, alat dan
sumber pembelajaran :
1.
Media
-
Power point presentation
-
Rekaman untuk listening
-
Gambar
2.
Alat/Bahan
-
Loud speaker laptop
-
Computer
-
LCD
3.
Sumber Belajar
-
Buku cerita kumpulan cerita rakyat
-
Audio CD/VCD/DVD
-
Suara guru
G. Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
membuka pembelajaran hari ini dengan berdoa bersama siswa
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2. Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa mendengarkan/membaca teks announcement dari PPT rekaman denngan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format
penyampaian/penulisannya.
· Siswa mencoba menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru dari beberapa contoh teks pemberitahuan (announcement)
· Guru memeberikan contok teks
pemeberitahuan dan Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum
dari teks melalui proses skimming dan
scanning untuk mendapatkan informasi
khusus.
Menanya
·
Siswa
menanyakan tentang berbagai macam teks pemberitahuan (announcement)
·
Siswa menanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar pada teks pemberitahuan (announcement)
3. Kegiatan
Penutup
· Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
· Guru memberikan
umpan balik pembelajaran
· Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
· Guru menutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa bersama siswa
Pertemuan 2
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2)
Kegiatan Inti
Mengeksplorasi
· Siswa mencari teks lain untuk mendengarkan/membaca
teks announcement dengan strategi
yang digunakan dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih membaca teks announcement dengan strategi yang
digunakan bersama teman
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis teks announcement dengan memperhatikan format
penulisannya melalui strategi yang digunakan.
· Siswa membandingkan teks announcement yang didengar/dibacakan
dari guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
· Secara berkelompok siswa mendiskusikan
teks announcement yang mereka temukan dari sumber lain.
· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa membuat teks announcement
dalam kerja kelompok
· Siswa menyampaikan pemberitahuan
secara tertulis dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
· Membuat jurnal belajar (learning journal)
4.
Penutup
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
Thank you
so much for your attention and participation, you’ve done good job today, See
you Have a nice day
·
Melakukan
tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
·
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H.
Penilaian
1.
Jenis/Teknik
Penilaian
·
Sikap
(melalui rubric pengamatan sikap selama pembelajaran)
·
Pengetahuan:
tes tertulis
·
Keterampilan:
reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project. hasil Pembelajaran
2.
Bentuk
instrumen
Instrumen
penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40.
|
Keterangan:
Skala penilaian
sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat
kurang;
2 = kurang
konsisten;
3 = mulai
konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
Penilaiaan
Pengetahuan
Tes tulis
Uraian
Tes Lisan
Tes Penugasan
Penilaian Proyek
Nama Proyek :Menyusun teks pemberitahuan (announcement)
Alokasi waktu: 2x 45 menit
Pembimbing :
Nama : (kelompok/pribadi)
Kelas : ________________________
No.
|
Aspek
|
Skor
(1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan teks pemberitahuan
|
||||||
2.
|
PELAKSANAAN
|
||||||
a.
Isi
|
|||||||
b.
Struktur Teks
|
|||||||
c.
Kosakata
|
|||||||
d.
Kalimat
|
|||||||
e.
Mekanik
|
|||||||
3.
|
LAPORAN
PROYEK
|
||||||
a.
Performa
|
|||||||
b.
Penguasaan materi proyek
|
Gresik,
26 Juni 2014
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran :
(............................)
NIP. NIP.
thanks anda telah berbagi ilmu & amal jariah
BalasHapus