RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan
pendidikan : SMA GRESIK
Mata
Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester
: X/1
Materi
pokok
: Talking about
self
Alokasi waktu
: 4 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
2.1
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jatidiri,sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1 Menangkap makna pemaparan jatidiri lisan dan tulis.
4.2 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan dan merespon pemaparan
jatidiri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK):
Pertemuan 1
1.
Siswa diharapkan mampu menggunakan bahasa inggris dalam
berkomunikasi tentang pemaparan jati diri dengan guru dan teman.
2.
Menunjukkan perilaku santun, peduli, dan percaya diri
dalam melaksanakan komunikasi tentang pemaparan jati diri
3.
Mengidentifikasi fungsi sosial, unsur kebahasaan dari
teks pemaparan jati diri.
4.
Merespon makna teks pemaparan jati diri lisan dan tulis
5.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang pemaparan
jati diri
C. Tujuan
pembelajaran :
Siswa terampil
menggunakan ungkapan memperkenalkan diri dan memberikan respon yang sesuai
konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada teks pemaparan jati diri.
D. Materi Pembelajaran
Teks lisan dan
tulis pernyataan dan pertanyaan tentang memperkenalkan diri.
Fungsi sosial
:menyatakan rencana
1.
Struktur Teks
-
I’d like to tell my name,
-
Hello I’am Edo,
May I know your name please
-
I’m going to introduce my friend.
-
How do you do?
-
I’m glad to know
you here
2.
Unsur Kebahasaan
-
Kata kerja (Verb) di dalam ungkapan :
- I’d like
to + V1 + C
- I will +
V1 + C
- I’m going
to + V1 + C
- I want to+
V1 + C
-
Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca dan tulisan tangan/cetak yang rapi dari kosa kata yang ada
dalam video, seperti :
- Nothing,
think
- Hat,
rabbit, tonight, right, white, soft, magic
- Look,
jump, good
- First,
trick, take, friend, stage, watch, concert
- Poor, see,
disappear, etc
E.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
approach
2.
Model : Discovery learning
3.
Teknik : Role
play
F.
MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
Video
2. Alat :
Laptop, loudspeaker, papan tulis dan In focus.
3. Sumber
Pembelajaran :
Kurikulum 2013, Audio CD/ VCD/DVD, SUARA GURU, Koran/ majalah berbahasa
Inggris, www.dailyenglish.com,
http://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files, http://learnenglish.britishcouncil.org/en/, http://www.youtube.com/watch?v=whmVL8_ijv0
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
b. Memberi
motivasi belajar
c. Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi
yang akan disampaikan seperti :
- How are you
going to do in the situation with
new people?
- Suppose
you come to your new class and school . What are
you going to do ?
d.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
(Based on my questions previously, Now, please
guess! what topic are we going to discuss today?)
e.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
(Yaitu materi tentang ungkapan
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, bagaimana fungsi
sosial, struktur teks, unsur kebahasaan dan tata bahasa, intonasi, tekanan kata
dsb)
2.
Kegiatan Inti (65
menit)
Mengamati
a.
Siswa mendengarkan
dan membaca banyak kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang MEMPERKENALKAN DIRI
b.
Siswa mengikuti
interaksi tentang pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan
dan menanyakan tentang cara memperkenalkan diri dan responnya dengan
bimbingan guru
c.
Siswa menirukan
contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang cara memperkenalkan diri dan teman atau orang lain.
d.
Siswa mengidentifikasi
ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang carav memperkenalkan diri dengan bimbingan dan
arahan guru. (E.g. I’m going to + V1 + C.)
Mempertanyakan
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara
berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang memperkenalkan diri, atau orang lain dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain dsb.
Mengeksplorasi
a.
Siswa diberikan script berupa dialogue dan
mempraktekan ungkapan-ungkapan yang ada didalamnya secara berpasangan di bangku
masing-masing.
b.
Siswa membuat percakapan menurut contoh yang
sudah ada dalam video juga yang ada dalam dialogue dengan bahasa mereka
sendiri.
c.
Siswa memerankan percakapan yang mereka buat
tersebut (role-play) ke depan kelas secara berpasangan.
3.
Penutup (10 menit)
Siswa
diberi tugas untuk mencari dari sumber lainnya seperti teksbook dan internet
yang berisi ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang memperkenalkan diri.
- Penutup
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
- For all of you, thank you very much for your
participation. Good job, I like your performance today. Almost all
of active. I hope next time all of you have to be active in the class.
Okay? Now as usual Please write your feeling, your problem and your
success during my class in your journal,
- Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
- melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian
tugas individual
- menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
- G. Penilaian
hasil pembelajaran
Kriteria penilaian Kinerja dan Tugas
- Pencapaian fungsi sosial
- Kelengkapan dan keruntutan struktur teks tentang
How to introduce yourself.
- Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
- Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
KINERJA (praktik)
- Melakukan monolog tentang teks sederhana “How to
introduce your self”di depan kelas
- Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur
teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks yang berisi tentang Talking
about self
Speaking Rubric
Apprentice
|
Basic
|
Learned
|
Exemplary
|
|
Penugasan/ulangan harian
Menentukan gambaran umum, informasi
tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks pemberitahuan sederhana
observasi:
Lembar Pengamatan Sikap Peserta
didik
No
|
Indikator Sikap.
Nama Peserta didik.
|
Bertanggung jawab
|
Jujur
|
Santun dalam berkumunikasi
|
Percaya diri
|
Kedisiplinan dalam tugas
|
Nilai rata-rata
(kualitatif/huruf).
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala
1 s.d. 5
1 = Sangat
Kurang 3 =
Cukup 5 = Amat Baik
2 =
Kurang
4 = Baik
PORTOFOLIO
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama
Siswa :
________________________________________
Kelas
: _______________________________________
Guru
:
________________________________________
NO
|
Kreteria
Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada kumpulan catatan kemajuan
belajar
|
5 kreteria terpenuhi
|
4 Kreteria terpenuhi
|
3 Kreteria terpenuhi
|
≤ 2 kreteria terpenuh
|
2.
|
Ada rekaman teks pemberitahuan
sederhana
|
||||
3.
|
Ada kumpulan karya siswa yang
mendukung proses penulisan teks pemberitahuan sederhana berupa:
draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
||||
4.
|
Ada kumpulan hasil tes dan
latihan.
|
||||
5.
|
Ada catatan penilaian diri dan
penilaian sejawat
|
Format 2
KRITERIA
|
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
Melakukan Observasi
|
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
|
Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
|
Semua Jelas dan Rinci
|
Role Play
|
Membaca script, kosa kata
terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar dan kosa kata dan kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi
sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Menyunting Teks
|
Penggunaan kata, kalimat, dan
struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi
|
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
|
A summary of what I have covered:
|
Things I am still not sure of:
|
What do I need to do to overcome
these uncertainties?
|
Things I have learned
successful today:
|
Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek
Gresik, 20 Juli 2013
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Guru Mata
Pelajaran
………………………………….. ……………………………………..
NIP. NIP.
I like your method in teaching, I look this RPP is easy to understand, specially me.
BalasHapus