Breaking News

Kamis, 16 April 2015

RPP Kelas X : Announcement

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA Negeri 1
Matapelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : X Wajib/Ganjil
Materi Pokok               : Giving announcement’.
Alokasi Waktu            : 4JP (2 x 2 jp)

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar   
 komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
 Indikator :
1.1.1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar  komunikasi internasional.

2,2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dala
        melaksanakan  komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
        Indikator :
        2.2.1   Siswa menunjukkan  Perilaku jujur, percaya diri dan tanggung jawab dalam               
                   melaksanakan komunikasi  transaktioanal tentang teks announcement

 2.3.Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
       melaksanakan komunikasi fungsional
       Indikator:
       2.3.1   Menunjukkan perilaku peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan
                   komunikasi fungsional melaui diskusi tentang teks announcement  
3.8   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan 
         (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya
         Indikator :
3.8.1   Siswa mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur  kebahasaan teks   
     announcement
3.8.2   Siswa memahami  fungsi social, struktur  teks dan unsur kebahasaan teks Announcement

4.11  Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
 Indikator :
4.11.1    Siswa dapat merespon makna  teks announcement

4.12  Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai    
  konteks
           Indikator :
           4.12.1  Siswa dapat menyusun teks tulis announcement sangat pendek dan sederhana dengan
                         memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur  kebahasaan yang benar

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari Unit 9 tentang Announcement, melalui model pembelajaran Jig Saw peserta didik diharapkan dapat
1.      menunjukkan kesungguhan belajar Bahasa Inggris tentang teks Announcement.
2.      menunjukkan  Perilaku jujur, percaya diri dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi  tentang teks announcement.
3.      menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalamelaksanakan  komunikasi fungsional berupa diskusi bersama teman tentang teks     announcement.
4.      mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur  kebahasaan teks announcement.
5.      memahami  fungsi social, struktur  teks dan unsur kebahasaan teks Announcement.
6.      dapat merespon makna  teks announcement.
7.      menyusun teks tulis announcement sangat pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur  kebahasaan yang benar.

B.      MATERI PEMBELAJARAN
Faktual : Announcemet Texts
Teks tulis berbentuk pengumuman dengan judul            :
Teks 1        : “ An announcement about Concert Cancellation” pada Buku Siswa hal 105.
Teks 2        : “ Mc Master Mini-Med School” pada Buku Siswa hal 106.

Konseptual:
Fungsi Sosial          : Menyampaikan pengumuman/informasi

Prosedural:
Struktur Teks         :
Title/opening
-          CJs Entertaiment has decided to cancel the concert
-          The cancellation of the concert is announced by Faith & D Entertainment Management
-                                                              Attention graduation
-                                                              Noticed
-                                                              Car wash fundraiser
-                                                             The evening sun announcement

                               - Content
·         talking about what is to announce about
·         where
·         when
*     etc

-Closing
·         Who gave that announcement

 Unsur kebahasaan :
                               - Grammar  ; Simple present tense ( verb 1 )
                                                       Simple future tense ( shall / will + verb 1 )
-          Vocabulary ; 1st December 2014
                                   3rd November 2014
                                  Monday
                                  saturday
                                   7-9 pm
                                   10 pm
                                   Parsons auditorium
                                   In front of our school
                                   etc      

VERB
NOUN
-                      Cancel + ion
-                      Cancellation
-                      Deny + al
-                      Denial
-                      Register + ion
-                      Registration
-                      Approve + al
-                      Approval
    
     Metakognitif: Pembuatan teks announcement

E.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan : Scientific approach
2.      Model            : Discovery learning
3.      Teknik            :  Penugasan, jigsaw-think pair square

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                          : Contoh announcement, Buku siswa, Buku guru
2.      Alat/ Bahan                 : Microphone, LCD
3.      Sumber Belajar           :
SUARA GURU
Koran/ majalah berbahasa Inggris
G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1.Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Guru mengecek kesiapan siswa baik secara fisik maupun psikologis dengan menyapa dan member salam
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
- Apersepsi
What is the topic you studied last week?
- Memberi  brainstorming dengan cara memperlihatkan announcement pictures dalam power point
- Guru menanyakan ‘what is announcement?’
       2. Kegiatan inti : (70’)
Stimulation (15’)
(Observing and questioning)
ü  Siswa mengamati  gambar – gambar announcement  yang ditayangkan guru
ü  Siswa mengamati  bagian – bagian announcement berdasarkan gambar yang ditampilkan
ü  Siswa menjawab  pertanyaan – pertanyaan guru tentang announcement yang sudah ditayangkan  misalnya
Who is the announcement for?
What is the announcement about?
Where do you think you will find that kind of announcement?
ü  Secara berpasangan,  Siswa mengidentifikasi gambar – gambar announcement meliputi  parts of the announcement, purposes and details
ü  mempelajari kosakata berbahasa Inggris dengan padanan katanya dalam bahasa Indonesia dan siswa diminta menjodohkannya
ü  Guru memberi model cara membaca kata-kata dalam daftar dengan pelafalan yang benar. Selanjutnya diberikan kegiatan drilling.

            Problem statement
(Mengeksplorasi (Sesi 1) (15’)
ü  Guru membagi siswa menjadi dua kelompok besar (A dan B).
ü  Selanjutnya guru meminta siswa dalam kelompok A untuk membaca teks pengumuman 1 dan meminta siswa dalam kelompok B untuk membaca teks pengumuman 2.

Mengeksplorasi (Sesi 2) (15’)
ü  Guru menjelaskan bahwa dalam setiap paragraf terdapat ide utama dan ide pendukung. Guru memberi contoh cara mengidentifikasi ide utama dan ide pendukung pada paragraf pertama dalam teks 1 dan 2.
ü  Selanjutnya guru meminta siswa untuk mengidentifikasi ide utama dan ide pendukung dalam setiap paragraf dan melengkapi tabel yang ada. Siswa di kelompok A melengkapi tabel untuk teks 1 dan siswa di kelompok B melengkapi tabel untuk teks 2.

Mengeksplorasi (Sesi 3) (20’)
ü  Guru meminta siswa dari kelompok B untuk melihat pertanyaan I dan meminta siswa dari kelompok A untuk melihat pertanyaan II. Guru meminta siswa dari kelompok A mencari pasangan dari kelompok B.
ü  Guru meminta siswa dalam kelompok A bertanya kepada siswa dalam kelompok B dengan menggunakan pedoman pertanyaan II dan kelompok B bertanya kepada kelompok A dengan menggunakan pedoman pertanyaan I.

3.    Kegiatan Penutup (10’)
ü Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
ü Guru memberikan umpan balik pembelajaran
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

            PERTEMUAN KE 2
1.      Kegiatan Pendahuluan (15’)
ü Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis
ü Guru mengulas singkat materi/ kegiatan di pertemuan sebelumnya
ü Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/ kompetensi yang akan dicapai
ü Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan dan tugas dalam pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
Data collection (15’)
(Mengeksplorasi (Sesi 4)
ü Guru memastikan kembali bahwa pemahaman siswa terhadap kosakata sudah benar.
ü Guru meminta siswa mengerjakan latihan kosakata.

Data processing (5’)
(Mengasosiasi sesi 1)
ü Guru memandu siswa memahami bahwa teks pengumuman disusun dengan organisasi yang berupa opening, content, dan closing.
ü Guru memandu dengan pertanyaan penuntun.

Verification (20’)
(Mengasosiasi sesi 2)
ü Guru meminta siswa mencermati pasangan kalimat yang ada dalam contoh. Selanjutnya guru menuntun siswa memahami penjelasan kelompok kata kerja menjadi kata benda.
ü Guru meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok. Siswa bersama-sama membuat pengumuman berdasarkan informasi yang ada.
ü Guru meminta siswa membaca paragraf dengan cermat dan membetulkan kata yang tercetak salah.
ü Setelah itu, siswa menuliskan ulang pengumuman tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri.
Generalization (20’)
(Mengkomunikasikan)
ü Siswa membacakan hasil pengumuman yang telah dibuat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsure kebahasaannya.
3.      Kegiatan Penutup (15’)
ü  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran
ü  Guru memberikan umpan balik pembelajaran
ü  Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya  

H.     PENILAIAN
1.      Jenis/teknik penilaian
-          tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.  
Sikap:
-       observasi, penilaian diri, teman sejawat
     (capaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
-       Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
     Guru mengobservasi dan mencatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjuk kerja/Praktik announcement.

2.      Bentuk instrumen dan instrumen
Jig Saw – think pair square (berdiskusi mengenai text announcement), laporan tertulis tentang  hasil diskusi, dan electronic announcement.

a.      aspek Penilaian Sikap
ASPEK YANG DINILAI
KRITERIA
INDIKATOR
NILAI
Cinta damai
Berteman dengan siapapun
SB = .... Kriteria
4
Tidak saling mengolok
B =.... Kriteria
3
Tidak bertengkar dengan teman
C = .... Kriteria
2
Tidak mengganggu kelas lain pada saat pelajaran berlangsung
K = .... Kriteria
1
Disiplin

Masuk Kelas tepat waktu


Menyelesaikan tugas tepat waktu


Mengenakan seragam sesuai ketentuan


Membawa buku sesuai jadwal


Jujur
Tidak menyontek dalam mengerjakan ulangan/tugas


Menyampaikan informasi sesuai dengan data/hasil pengamatan/keadaan yang sebenarnya


Mengakui kesalahan


Minta maaf ketika melakukan kesalahan


Kerjasama


Berpartisipasi dalam kerja kelompok


Berbagi tugas dalam kerja kelompok


Saling membantu dalam menyelesaikan tugas kelompok


Membantu guru dalam menyiapkan media pembelajaran


Patuh
Tidak membuat gaduh di kelas.


Melaksanakan tugas sesuai petunjuk kerja


Tidak melanggar kontrak akademik


Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama


Percaya Diri
Berani menyampaikan pendapat


Berani tampil untuk presentasi / di depan kelas


Berani menjawab pertanyaan guru


Mengerjakan ulangan dan tugas dengan kemampuan sendiri


Tanggung Jawab
Ikut mengemasi alat/bahan/buku/sumber belajar yang digunakan pada saat KBM dan ditatakan kembali pada tempatnya


menjaga keamanan alat/bahan/buku/sumber belajar lainnya


Melaksanakan jadwal piket


Menerima sanksi jika melanggar ketentuan dalam KBM




a.    Aspek Pengetahuan
No.
Butir Penilaian
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Penulisan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Grammar and word choice
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

4.
Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami



b.    Aspek Ketrampilan
No.
Butir Penilaian
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Isi
5 =sangat mudah dipahami
4 = mudah dipahami
3 =cukup mudah dipahami
2 = sulit dipahami
1 = tidak bisa dipahami

2.
Tata kalimat dan pemilihan kata
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Kreativitas
5 = sangat menarik
4 = menarik
3 = cukup menarik
2 = kurang menarik
1 = tidak menarik

               
Skor                              =    skor perolehan           X        100
                                                           Skor maksimal

...................., .............................. 2014

Mengetahui                                                               
Kepala SMA/SMK                                                                    Guru Mata Pelajaran



_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                             NIP






















STUDENT WORK SHEET
“ANNOUNCEMENT”
(2 JP)
TASK 1
1.      Read the text carefully. Your teacher will identify you as A or B. students identified as A, read text 1 (page 105). Students as B, read text 2 (page 106).

 Text 1

 Text 2
 





2.      After reading the text, in the chart (page 107 and 108), identify the main ideas of the paragraph and then write the most important details in your own words

TASK 2

1.   Work in pairs, if you have read text 1, refer to questions II; if you have read text 2, refer to questions I.
2.   Read the questions for your partner to answer and write your friends answer on
      separated    piece of paper.
3.      Exchange your works with another pair of students in front or in your back.
4.      Discuss the similarities and the differences between the two announcements based on your answers with the group.



TASK 3

1.   Find other examples of announcements from other sources like internet, magazine, newspaper,  etc.
2    Then, make a report about the characteristics, language structure, and vocabulary that is usually used on announcement text by completing the table on page 111.
3.   Make a short announcement with your group about the situation given on page 113.

      TASK 4

1.      Make an electronic announcement about anything, and it should be uploaded on the group’s wall on facebook  the dateline will be  the same day next week.
2.      Give your comments to your friends’ announcement. Write about the strength and the weakness of it.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog