Breaking News

Kamis, 16 April 2015

RPP Kelas X : Learning Through Song

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Kelas / Semester      : X / Genap
     Topik                       : Learning Through Songs                             
Alokasi Waktu         : 2 x 45 jp


A.      Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait              dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar:
2.1         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar    komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.11. Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16  Menangkap makna  lagu sederhana.
C.      Indikator :
·               Menghargai bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi international.
·               Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan tanggungjawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial.
·               Melengkapi lirik lagu yang didengarkan.
·               Menjawab pertanyaan tentang lagu yang didengar.
·               Menentukan pesan moral dari lagu yang didengar.
·               Menyampaikan ringkasan singkat tentang isi lagu yang didengar.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.             Siswa menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris melalui pemahaman lagu
2.             Siswa menunjukkani perilaku jujur,disiplin,percaya diri dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tentang makna lagu
3.             Siswa menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
4.             Siswa merespon makna lagu
  
E.       Materi Pembelajaran
1.             Lagu  berjudul “You’ve Got A Friend”
2.             Fungsi sosial:
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
3.             Teks Lagu:
"You've Got A Friend"
When you're down and troubled and you need a helping hand
and nothing, whoa, nothing is going right.
Close your eyes and think of me and soon I will be there
to brighten up even your darkest nights.

You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call and I'll be there, yeah, yeah,
you've got a friend.

If the sky above you should turn dark and full of clouds
and that old north wind should begin to blow,
keep your head together and call my name out loud.
Soon I will be knocking upon your door.
You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call and I'll be there.

Hey, ain't it good to know that you've got a friend? People can be so cold.
They'll hurt you and desert you. Well, they'll take your soul if you let them,
oh yeah, but don't you let them.

You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call, Lord, I'll be there, yeah, yeah,
you've got a friend. You've got a friend.
Ain't it good to know you've got a friend. Ain't it good to know you've got a friend.
Oh, yeah, yeah, you've got a friend.
                       

F.       Metode Pembelajaran
·           Metode       : Cooperative Learning
·           Pendekatan : Scientific
G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·           LCD
·           Audio set
·           Buku siswa
H.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Rincian
Waktu

Kegiatan awal
Memberikan motivasi
Apersepsi
Menyampaikan tujuan pembelajaran


10 menit


Kegiatan Inti

Mengamati
·       Siswa mendengarkan lagu yang berjudul “You’ve Got A Friend”.

Mempertanyakan (questioning)
·        Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain nama penyanyi, perasaan penyanyi dan pesan moral dari lagu, dan makna kalimat kalimat didalam lagu.

Mengeksplorasi
·      Siswa melengkapi rumpang pada lyric lagu yang didengar.
·      Siswa menjawab pertanyaan tentang isi lagu.

Mengasosiasi
·      Siswa mendengarkan lagu lain yang berjudul “When You Tell Me That You Love Me” kemudian membandingkannya dengan  lagu yang diperdengarkan sebelumnya dengan menganalisa fungsi sosial, pesan moral dan perasaan penyanyi.

Mengkomunikasikan
·        Siswa secara berkelompok menyampaikan hasil analisa dari lagu yang didengar.

     
70 menit

Kegiatan akhir
·        Siswa menyampaikan tanggapan serta simpulan atas materi yang dipelajari
·        Guru memberikan tugas yaitu mendengarkan satu lagu dan mengapresiasi.


10 menit

 H.  Penilaian
Pedoman penskoran
Rubrik Aspek Sikap

No
Nama Siswa
Jujur
Tanggungjawab
Kerjasama
Disiplin
Percaya Diri
Total
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1



























2



























3



























4



























5



























6



























7



























8



























9



























10
























































Keterangan


Jujur:                                       
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
Tanggungjawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
Percaya Diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2. jarang percaya diri                                                                                                                                                                                                                                                                                                          1. tidak pernah percaya diri


Pedoman penskoran
Rubrik Aspek Pengetahuan

No
Nama Siswa
Pengucapan
Intonasi
Ketelitian
Pemahaman
Total
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1






















2






















3






















4






















5






















6






















7






















8






















9






















10














































Keterangan


Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1= tidak memahami


Pedoman penskoran
Rubrik Aspek Ketrampilan


No
Nama Siswa
Pengucapan
Total
Keterangan
1
2
3
4
5
1







5 = Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2







3







4







5







6







7







8







9







10



















2 komentar:

  1. Bagi pembaca , berilah masukan untuk pemilik blog ini

    BalasHapus
  2. belum ada pertanyaan yang diajukan sesuai dengan salah satu indikator. yaitu :Menjawab pertanyaan tentang lagu yang didengar.
    · Menentukan pesan moral dari lagu yang didengar.
    · Menyampaikan ringkasan singkat tentang isi lagu yang didengar.

    serta indikator pembelajaran yang kurang relevan dengan tujuan pembelajaran. terimaksih atas sharing idenya

    BalasHapus

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog