RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / Genap
Topik :
Learning Through Songs
Alokasi Waktu : 2 x 45 jp
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar:
2.1
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
3.11.
Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16
Menangkap makna lagu sederhana.
C.
Indikator
:
·
Menghargai bahasa Inggris
sebagai pengantar komunikasi international.
·
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri dan tanggungjawab dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial.
·
Melengkapi lirik lagu
yang didengarkan.
·
Menjawab pertanyaan
tentang lagu yang didengar.
·
Menentukan pesan moral
dari lagu yang didengar.
·
Menyampaikan ringkasan
singkat tentang isi lagu yang didengar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa menunjukkan
kesungguhan belajar bahasa Inggris melalui pemahaman lagu
2.
Siswa menunjukkani
perilaku jujur,disiplin,percaya diri dan tanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi tentang makna lagu
3.
Siswa menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
4.
Siswa merespon makna
lagu
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Lagu berjudul “You’ve
Got A Friend”
2.
Fungsi sosial:
Menghibur, mengungkapkan perasaan,
mengajarkan pesan moral
3.
Teks Lagu:
"You've
Got A Friend"
When you're
down and troubled and you need a helping hand
and nothing, whoa, nothing is going right.
Close your eyes and think of me and soon I will be there
to brighten up even your darkest nights.
You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call and I'll be there, yeah, yeah,
you've got a friend.
If the sky above you should turn dark and full of clouds
and that old north wind should begin to blow,
keep your head together and call my name out loud.
Soon I will be knocking upon your door.
You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call and I'll be there.
Hey, ain't it good to know that you've got a friend? People can be so cold.
They'll hurt you and desert you. Well, they'll take your soul if you let them,
oh yeah, but don't you let them.
You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call, Lord, I'll be there, yeah, yeah,
you've got a friend. You've got a friend.
Ain't it good to know you've got a friend. Ain't it good to know you've got a friend.
Oh, yeah, yeah, you've got a friend.
and nothing, whoa, nothing is going right.
Close your eyes and think of me and soon I will be there
to brighten up even your darkest nights.
You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call and I'll be there, yeah, yeah,
you've got a friend.
If the sky above you should turn dark and full of clouds
and that old north wind should begin to blow,
keep your head together and call my name out loud.
Soon I will be knocking upon your door.
You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call and I'll be there.
Hey, ain't it good to know that you've got a friend? People can be so cold.
They'll hurt you and desert you. Well, they'll take your soul if you let them,
oh yeah, but don't you let them.
You just call out my name, and you know where ever I am
I'll come running to see you again.
Winter, spring, summer, or fall, all you have to do is call, Lord, I'll be there, yeah, yeah,
you've got a friend. You've got a friend.
Ain't it good to know you've got a friend. Ain't it good to know you've got a friend.
Oh, yeah, yeah, you've got a friend.
F.
Metode
Pembelajaran
·
Metode : Cooperative Learning
·
Pendekatan : Scientific
G.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
·
LCD
·
Audio set
·
Buku siswa
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Rincian
|
Waktu
|
Kegiatan awal
|
Memberikan
motivasi
Apersepsi
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan lagu yang
berjudul “You’ve Got A Friend”.
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain nama penyanyi,
perasaan penyanyi dan pesan moral dari lagu, dan makna kalimat kalimat
didalam lagu.
Mengeksplorasi
· Siswa melengkapi rumpang pada lyric
lagu yang didengar.
· Siswa menjawab pertanyaan tentang
isi lagu.
Mengasosiasi
· Siswa mendengarkan lagu lain yang
berjudul “When You Tell Me That You
Love Me” kemudian membandingkannya dengan lagu yang diperdengarkan sebelumnya dengan
menganalisa fungsi sosial, pesan moral dan perasaan penyanyi.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
secara berkelompok menyampaikan hasil analisa dari lagu yang didengar.
|
70
menit
|
Kegiatan
akhir
|
·
Siswa menyampaikan tanggapan serta
simpulan atas materi yang dipelajari
·
Guru memberikan tugas yaitu
mendengarkan satu lagu dan mengapresiasi.
|
10
menit
|
H.
Penilaian
Pedoman penskoran
Rubrik
Aspek Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Tanggungjawab
|
Kerjasama
|
Disiplin
|
Percaya Diri
|
Total
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||||||||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||||||||||||||
Keterangan
Jujur:
5:
selalu jujur
4:
sering jujur
3:
kadang-kadang jujur
2:
jarang jujur
1: tidak pernah jujur
Tanggungjawab
5:
selalu tanggung jawab
4:
sering tanggung jawab
3:
kadang-kadang tanggung jawab
2:
jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
Kerjasama
5:
selalu kerjasama
4:
sering kerjasama
3:
kadang-kadang kerjasama
2:
jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
Disiplin
5:
selalu disiplin
4:
sering disiplin
3:
kadang-kadang disiplin
2:
jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
Percaya Diri
5:
selalu percaya diri
4:
sering percaya diri
3:
kadang-kadang percaya diri
2. jarang percaya diri
1.
tidak pernah percaya diri
Pedoman penskoran
Rubrik
Aspek Pengetahuan
No
|
Nama Siswa
|
Pengucapan
|
Intonasi
|
Ketelitian
|
Pemahaman
|
Total
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
||||||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||||||
6
|
||||||||||||||||||||||
7
|
||||||||||||||||||||||
8
|
||||||||||||||||||||||
9
|
||||||||||||||||||||||
10
|
||||||||||||||||||||||
Keterangan
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga
sulit dipahami
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga
sulit dipahami
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1= tidak memahami
Pedoman penskoran
Rubrik Aspek
Ketrampilan
No
|
Nama Siswa
|
Pengucapan
|
Total
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
5 = Selalu melakukan kegiatn
komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan
kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
1
= tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
|||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
Bagi pembaca , berilah masukan untuk pemilik blog ini
BalasHapusbelum ada pertanyaan yang diajukan sesuai dengan salah satu indikator. yaitu :Menjawab pertanyaan tentang lagu yang didengar.
BalasHapus· Menentukan pesan moral dari lagu yang didengar.
· Menyampaikan ringkasan singkat tentang isi lagu yang didengar.
serta indikator pembelajaran yang kurang relevan dengan tujuan pembelajaran. terimaksih atas sharing idenya