RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA NEGERI 1 GRESIK
MATA
PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELSA /
SEMESTER : X / 2
MATERI
POKOK : Teks
Lisan dan Tulis dari ungkapan memuji bersayap
(Complimenting ) dan menunjukkan Perhatian (Showing Care)
ALOKASI
WAKTU : 4 X 45 menit
A. KOMPETENSIN INTI (KI) :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KEMPETENSI :
KOMPETENSI DASAR (KD) :
2. 2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3. 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memuji bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3, 3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan perhatian (care), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4, 3, Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon
pujian bersayap (extended), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4, 4, Menyusun teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) :
3. 2. 1. Mengidentifikasi gambaran umum, informasi
tertentu dan rinci dari ungkapan memuji bersayap (extended), dengan
sungguh-sungguh dan penuh percaya diri serta tanggung jawab.
3. 2. 2.
Mengidentifikasi funsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaah pada
ungkapan memuji bersayap (extended) serta respons nya
3. 2. 3. Menemukan
informasi yang tersurat dari dialogue tentang ungkapan pujian bersayap (extended)
3. 2. 4. Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons pujian bersayap (extended)
3. 3. 1. Mengidentifikasi
gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari ungkapan
Perhatian (Care) dengan
sungguh-sungguh dan penuh percaya diri serta tanggung jawab.
3. 3. 2.
Mengidentifikasi funsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaah pada
ungkapan Perhatian (Care) serta respons nya
3. 3. 3. Menemukan
informasi yang tersurat dari dialogue tentang ungkapan Perhatian (Care)
3. 3. 4.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons Perhatian (Care)
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1. Setelah membaca teks
dialogue siswa dapat Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan
rinci dari ungkapan memuji bersayap (extended),
2. Setelah membaca teks
dialogue siswa dapat Mengidentifikasi fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaah pada ungkapan memuji bersayap (extended) serta respons
nya
3. Setelah membaca teks
dialogue siswa dapat Menemukan informasi yang tersurat dari dialogue
tentang ungkapan pujian bersayap
(extended)
4. Setelah membaca teks
dialogue siswa dapat Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespons pujian bersayap
(extended)
5.
Setelah
membaca teks dialogue siswa dapat Mengidentifikasi
gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari ungkapan
Perhatian (Care) dengan
sungguh-sungguh dan penuh percaya diri serta tanggung jawab.
6. Setelah membaca teks
dialogue siswa dapat Mengidentifikasi funsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaah pada ungkapan Perhatian (Care) serta respons nya
7. Setelah membaca teks
dialogue siswa dapat Menemukan informasi yang tersurat dari dialogue
tentang ungkapan Perhatian (Care)
8.
Setelah
membaca teks dialogue siswa dapat Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons Perhatian (Care)
E. MATERI PEMBELAJARAN
Teks Dialogue tentang ungkapan memuji bersayap (extended)
serta respons nya dan ungkapan Perhatian (Care)
Fungsi social :
> Menghargai orang lain
Ø Menunjukkan simpati dan empati pada orang lain
F.
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan saintifik
Strategi : Mengamati, menanya. Mengumpulkan informasi,
mengasosiasikan (mengolah) informasi. Mengkomunikasikan,
G.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Video .
2. Alat / Bahan : LCD , Laptop, loud speaker, papan
tulis,
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pembelajaran Pertemuan 1 ( 2 x 45’)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
§ Megucapkan salam dan berdoa bersama untuk mengawali pelajaran
§ Guru memberikan brainstorming berupa pertanyaan-pertanyaan
dan sapaan-sapaan yang mnggunakan ungkapan-ungkapan dan memberikan gambaran
umum tentang materi/topik yang akan disampaikan tentang “complimenting”
Seperti : > Hi, How are
doing, you look so beautiful today
Is this your
bag? It’s an awesome bag, I like very much. Etc
have you done
the assignment ? ….. that’s great.
◘ ………excellent. etc.
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
§ Guru memberikan contoh-contoh ungkapan “complimenting”
Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati (Observing)
- Siswa melihat tayangan video tentang ” Aggressively Complimenting People Again”
Mempertanyakan (Questioning)
§ Siswa dan guru melakukan interaksi tanya jawab tentang ungkapan pujian bersayap (extended)
dalam
tayangan video tersebut.
Seperti : - Who is the man on
video?
-
When do you think it’s
taken place? Etc.
Mengeksplorasi (Exploring)
§ Siswa mengidentifikasi dan mempelajari contoh-contoh ungkapan pujian bersayap (extended)
lain dalam buku siswa yang diberikan guru ( D )
§ Siswa mengerjakan soal-soal pemahaman dari dialogue ungkapan pujian bersayap (extended)
lain dalam buku siswa yang diberikan guru ( Task
2).
Mengasosiasikan (Associating)
§ Sambil melihat tayangan video, siswa mengamati dan menulis
ungkapan-ungkapan tentang ‘complimenting’ yang digunakan dalam video .
Mengkomunikasikan
(Communicating)
§ Dengan berkelompok 3 orang, siswa membuat dialogue tentang
“complimenting” dengan situasi bebas.
§ Siswa mendemonstrasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
Kegiatan Penutup (10 menit)
§ Dibantu guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
§ Salam
I.
PENILAIAN
:
a. Jenis/teknik
penilaian
-
tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama
pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga
mengkomunikasikan.
Sikap:
-
observasi, penilaian
diri, teman sejawat
(capaian siswa dinilai oleh guru, siswa
sendiri dan temnnya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai
rubrik.
- Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku
siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks,
unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan
&penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.
b. Bentuk
instrumen dan instrumen
Role play
(memerankan dialogue dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan
tentang niat melakukan sesuatu) dan tes tertulis (membuat dialogue dan jazz
chant yang dimodifikasi dengan bahasa sendiri).
c. Pedoman
penskoran
Rubrik
a.
Aspek Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung
jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung
jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya
diri
2: jarang disiplin percaya
diri
1: tidak pernah percaya
diri
|
b.
Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami
|
c . Aspek Keterampilan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
|
5 = Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
Gresik,
27 Juni 2014
Mengetahui
Kepala SMA/SMK Guru Mata Pelajaran
_______________________
NIP. ... NIP. ..
sangat membantu. Thanks :-D
BalasHapus