RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris (wajib)
Kelas/ Semester : X / 1
Materi Pokok : Congratulating Others
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (
KI )
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, tpleran,
damai ), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranahg abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator: Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari cara mengucapkan ucapan selamat di dalam bahasa
Inggris.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
Indikator:
Menunjukkan
perilaku perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi fungsional
dengan guru dan teman
3.5
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
1.
Mengenal
fungsi social ungkapan ucapan selamat.
2.
Mengidentifikasi
struktur ungkapan ucapan selamat.
3.
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan ungkapan ucapan selamat.
4.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan
selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan secara benar dan sesuai dengan konteks.
Indikator:
Mempresentasikan teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan ucapan selamat.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Diberikan
penjelasan mengenai pentingnya fungsi mengucapkan ucapan selamat di dalam
bahasa Inggris siswa mampu mensyukuri kesempatan dapat mempelajarinya dengan
baik.
2.
Diberikan
kesempatan untuk berkomunikasi fungsional dalam rangka mengucapkan ucapan
selamat dengan guru dan teman. siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dengan baik.
3.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat, siswa mampu mengenal fungsi sosial teks
tentang mengucapkan ucapan selamat dengan akurat.
4.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut
siswa mampu mengidentifikasi struktur teks mengucapkan ucapan selamat secara
tepat.
5.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut
siswa mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan teks mengucapkan ucapan selamat dengan
tepat.
6.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut
siswa mampu mempresentasikan
teks lisan dan tulis
untuk mengucapkan
ucapan selamat.
MATERI
AJAR
Fungsi sosial
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Struktur
Text
Ungkapan baku dari sumber-sumber
otentik.
Ungkapan
a.
Congratulations....
b.
Good
job....
c.
Well
done...
d.
Have
a good...
e.
I
convey my congratulations to you..
f.
Thank
you very much...
g.
Oh,
it is nothing..
7.
Unsur kebahasaan:
a.
Kata
dan tata bahasa baku.
b.
Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
c.
Ucapan,
tekanan, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
8.
Topik
Keteladanan tentang perilaku
peduli dan cinta damai
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Scientific Approach
Metode : Role Play.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Naskah print out dialog tentang
ucapan selamat.
Gambar orang yang sedang member
ucapan selamat
SUMBER
BELAJAR
EGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Greeting (Guru
menyapa siswa)
Mengecek kehadiran siswa
Memberitahukan tujuan
pembelajaran kepada siswa
Menjelaskan cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.
2. Kegiatan
inti (70 menit)
Mengamati
Siswa memperhatikan
beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR dan naskah dialog.
Siswa membacakan
contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan,
intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pesan
yang berisi ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan yang ada
dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain.
Mengeksplorasi
Siswa secara mandiri
dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber.
Siswa bergantian
membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat.
Siswa mengucapkan dan
merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
Siswa membandingkan
berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan
dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
Siswa berkreasi
membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman
untuk mendapat feedback.
Siswa membuat kartu
ucapan selamat.
Siswa memperoleh
feedback.
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa dan guru
menyimpulkan tentang materi pelajaran tentang mengucapkan selamat.
Guru memberikan tugas
kepada siswa untuk membuat sendiri teks dialog tentang mengucapkan selamat dengan
memperhatikan struktur kebahasaan yang baik dan benar.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru memberikan salam
penutup dan harapan / motivasi kepada siswa.
PENILAIAN
(ASSESSMENT)
1.
Tujuan
Pembelajaran, teknik dan instrument
Tujuan
Pembelajaran
|
Teknik
|
Instrumen
|
1. Diberikan penjelasan mengenai
pentingnya fungsi mengucapkan ucapan selamat di dalam bahasa Inggris siswa
mampu mensyukuri kesempatan dapat mempelajarinya dengan baik.
2.
Diberikan
kesempatan untuk berkomunikasi fungsional dalam rangka mengucapkan ucapan
selamat dengan guru dan teman. siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dengan baik.
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap
|
3.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat, siswa mampu mengenal fungsi sosial
teks tentang mengucapkan ucapan selamat dengan akurat.
4.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut
siswa mampu mengidentifikasi struktur teks mengucapkan ucapan selamat secara
tepat.
5.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut
siswa mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan teks mengucapkan ucapan selamat
dengan tepat.
6.
Diberikan
contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut
siswa mampu mempresentasikan teks lisan dan tulis untuk mengucapkan ucapan
selamat.
|
Teks Unjuk Kerja
|
Rubrik
|
2.
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
Nama Siswa :..............................................
Kelas :..............................................
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
CATATAN
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur di
dalam memperlajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional
|
||||||
2
|
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab
|
||||||
3
|
Menunjukkan sikap peduli
|
||||||
4
|
Menunjukkann sikap kerjasama
|
||||||
5
|
Menunjukkan sikap cinta damai
|
KETERANGAN :
1.
Belum terlihat
2.
Jarang terlihat
3.
Kadang – kadang terlihat
4.
Sering terlihat
5.
Selalu terlihat
b.
Rubrik
Unjuk Kerja
-
Mempresentasikan teks lisan
PENILAIAN PENGETAHUAN
MATA
PELAJARAN : …………………………………………….
KELAS : …………………………………………….
MATERI : …………………………………………….
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
CATATAN
|
1
|
Fluency
|
||||||
2
|
Understanding
|
||||||
3
|
Vocabulary
|
||||||
4
|
Pronunciation
|
||||||
5
|
Intonation
|
Rubrik Penilaian
Fluency
1. Bad
2. Not Fluent Enough
3. Fluent Enough
4. Fluent
5. Very Fluent.
Understanding
1. Tidak memahami
2. Kurang memahami
3. Cukup memahami
4. Memahami
5. Sangat memahami
Pronunciation
1 : Sulit dipahami
2 : Banyak kesalahan dan mengganggu makna
3 : Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
4 : Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
5 : Hampir sempurna
Vocabulary
1 : Banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
2 : Banyak kesalahan dan mengganggu makna
3 : Ada beberapa kesalahan dan mengganggu
makna
4 : Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
5 : Hampir sempurna
Intonation
1
:
Tidak tepat
2
:
Kurang tepat
3
:
Cukup tepat
4
:
Tepat
5
:
Sangat tepat
-
Mempresentasikan teks tulis dialog
PENILAIAN
KETERAMPILAN
MATA PELAJARAN :
…………………………………………….
KELAS : …………………………………………….
MATERI :
…………………………………………….
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
1
|
2
|
3
|
CATATAN
|
1
|
Ketepatan penggunaan ungkapan
|
||||
2
|
Keruntutan kalimat ungkapan
|
Rubrik Penilaian
Ketepatan penggunaan
ungkapan
1
:
kurang
2
:
cukup baik
3
:
baik
Keruntutan kalimat
ungkapan
1
:
kurang
2
:
cukup
3
:
baik
Surabaya, 26 Juni 2014
Peserta pelatihan kur 2013
Lampiran
Contoh Teks dialog
mengucapkan selamat.
Rahel : Hey, Daniel! How was the
economics competition? Did you and your team go home with the trophy?
Daniel : Thank God, we did. Fortunately we succeeded to get the first place.
Daniel : Thank God, we did. Fortunately we succeeded to get the first place.
Rahel : Wow that’s a good job, Dan.
Congratulation on your team success!
Daniel : Thank you very much for saying so, Rahel. So, how about you and your team in astronomy competition?
Rahel : Unfortunately, I and my team didn’t get the first place. We got the third place but I was really happy since we had won over many other teams and gone that far.
Daniel : That’s the spirit, Rahel! I am sure you and your friend did it very well. I congratulate you on your great success.
Rahel : Thank you very much, Daniel. We still have to learn more to be the first like your teams did.
Daniel : Cool! Let’s fight for the next competition!
Daniel : Thank you very much for saying so, Rahel. So, how about you and your team in astronomy competition?
Rahel : Unfortunately, I and my team didn’t get the first place. We got the third place but I was really happy since we had won over many other teams and gone that far.
Daniel : That’s the spirit, Rahel! I am sure you and your friend did it very well. I congratulate you on your great success.
Rahel : Thank you very much, Daniel. We still have to learn more to be the first like your teams did.
Daniel : Cool! Let’s fight for the next competition!
Teks 2
Naskah Teks dialog dari Video
percakapan mengucapkan selamat.
Farhan : So, how long has it been since
the first publishing of your first novel?
Yola : It’s been 3 weeks since then.
Farhan : So, how many copies have been
sold this far?
Yola : Thank God. Many people seem to
like it very much. Since the first publishing 3 weeks ago, there have been over
500 copies sold.
Farhan : Splendid! I’d like to
congratulate you on your success at your first time publishing your novels.
Yola : Thank you very much, Mr.
Farhan. It’s very kind of you to say so
Farhan : Keep the good work, Yola. I
know you could be a great author someday.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar