RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN ....
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Teks narrative lisan dan tulis
berbentuk cerita rakyat sederhana.
Alokasi Waktu : 12 JP (6 pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
fungsional
3.10. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana
berbentuk cerita rakyat rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
1. Siswa dapat mengidentifikasi
karakter yang ada dalam suatu cerita rakyat (teks narratif)
2.
Siswa dapat mengidentifikasi setting
(latar) cerita.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi konflik/ masalah yang ada
dalam cerita
4.
Siswa dapat menjelaskan solusi yang ada dalam cerita
5.
Siswa dapat mengidentifikasi nilai
moral yang ada dalam cerita
6.
Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan
kata kata khusus dalam cerita
7. Siswa
dapat menganalisis penggunaan bentuk kata kerja tertentu dalam cerita
4.15. Menangkap makna
teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita rakyat, sederhana.
Indikator:
1. Siswa dapat
menjawab pertanyaan terkait dengan teks cerita rakyat yang dibaca.
2. Siswa dapat menceritakan
kembali suatu cerita rakyat yang dibaca
baik secara lisan maupun tulisan
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat mengungkapkan makna teks
narratif lisan dan tulis berbentuk cerita rakyat sederhana dengan menunjukkan perilaku
kerjasama dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
D.
Materi
Pembelajaran
Teks lisan dan tertulis berbentuk cerita rakyat
sederhana.
Fungsi
sosial : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur Teks :
(1)
Pengenalan tokoh dan
setting
(2)
Komplikasi terhadap
tokoh utama
(3)
Solusi dan akhir
cerita
Unsur
Kebahasaan :
(1)
Kata-kata terkait karakter, watak, dan setting dalam cerita
rakyat
(2)
Modal auxiliary verbs.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
(4)
Rujukan kata
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak,
diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok
(proyek)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
-
Power point
presentation
-
Rekaman untuk
listening
-
Film
-
Gambar
2. Alat/Bahan
-
Loud speaker laptop
-
Computer
-
LCD
3. Sumber Belajar
-
Buku cerita kumpulan cerita rakyat
-
Audio CD/VCD/DVD
-
Suara guru
-
www. dailyenglish.com
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2) Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
menyimak contoh teks cerita rakyat yang diperdengarkan guru
·
Siswa
mendiskusikan karakter dan setting cerita yang disajikan
guru
·
Siswa
mengamati nilai moral
dari cerita cerita rakyat
·
Siswa
belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari cerita
·
Siswa membuat daftar cerita rakyat yang pernah
didengar atau dibaca
Menanya
·
Siswa mempertanyakan
isi cerita dari berbagai cerita
rakyat ( cerita)
3) Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan
sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2) Kegiatan Inti
Mengeksplorasi (Sesi 1)
·
Siswa menjodohkan serta merangkai cerita cerita rakyat
dari gambar dan potongan teks yang disediakan
·
Siswa membuat
kalimat percakapan dari gambar cerita rakyat yang tersedia (komik)
3) Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan
3
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan
sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2)
Kegiatan Inti
Mengeksplorasi (Sesi 2)
·
Siswa menyusun cerita serta
melengkapi kata rumpang dari teks cerita rakyat yang disediakan guru. (* siswa menuliskan kembali cerita cerita
rakyat dalam susunan yang benar)
·
Siswa melakukan latihan “reading aloud”
·
Siswa membuat draft
Narrative Plan secara kelompok
(Project)
3)
Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan
4
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas
singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2) Kegiatan Inti
Mengeksplorasi (Sesi 3)
·
Siswa menyelesaikan draf Narrative Plan menjadi cerita
cerita rakyat versinya sendiri (kelompok)
·
Siswa mengembangkan
Narrative Plan menjadi cerita cerita rakyat versinya sendiri (kelompok)
3) Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 5
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan
sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2) Kegiatan Inti
Mengasosiasi
·
Siswa mengidentifikasi dan menganalisis bagian bagian
cerita cerita rakyat yang dipelajari
dikelas : Orientasi, Initiating event,
Complication, Resolution dsb.
·
Siswa menganalisis
penggunaan kata kerja tertentu (unsur
kebahasaan) yang ada pada teks cerita rakyat yang dipelajari dikelas
·
Siswa menganalisis nilai
moral yang ada dalam cerita cerita rakyat yang sudah dipelajari
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis
yang disampaikan dalam kerja kelompok.
3) Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 6
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan
sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2) Kegiatan Inti
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyampaikan informasi fungsi social,
struktur, dan unsur kebahasaan yang ditemukan setelah
membaca teks cerita rakyat.
·
Siswa menceritakan kembali teks cerita rakyat
sederhana yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
·
Siswa melakukan “class exhibition” untuk produk cerita
rakyat versinya
·
Siswa memberikan “peer assessment” untuk produk cerita
rakyat versi temannya
·
Siswa membuat jurnal belajar
3) Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik
Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.
2. Bentuk
instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40.
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap
dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu:
Pembimbing :
Nama
: (kelompok/pribadi)
Kelas
: ________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan Narrative Plan
|
||||||
2.
|
PELAKSANAAN
|
||||||
a. Isi
|
|||||||
b. Struktur
Teks
|
|||||||
c. Kosakata
|
|||||||
d. Kalimat
|
|||||||
e. Mekanik
|
|||||||
3.
|
LAPORAN
PROYEK
|
||||||
a. Performa
|
|||||||
b. Penguasaan
materi proyek
|
Penilaian Role Play
(file terlampir/ PDF)
Penilaian Storytelling
(file terlampir)
PENUGASAN
Form untuk kegiatan menanya:
Title
|
Origin
|
Main Character
|
1. Malin
Kundang
|
West Sumatera
|
Malin
|
Question from other
group:
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Contoh
untuk melengkapi rumpang dan menyusun cerita:
|
KABAYAN
NEVER BECAME RICH
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
.
|
||
|
||
|
|
THE STORY OF TOBA LAKE
|
|
||
|
||
|
|
||||
|
||||
|
||||
|
||||
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar