Breaking News

Kamis, 16 April 2015

RPP Kelas X : Describing Place

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah               : SMAN 1
Matapelajaran      : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester   : X / 1
Materi Pokok      : DESCRIBING TEXT
Alokasi Waktu    : 2 X 45 menit


A.     Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4: Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.       Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar  komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3         Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
4.8 Menangkap makna dalam teks deskriptif  lisan dan tulis sederhana.

Indikator:
KD 4.8
1.       Menjawab pertanyaan terkait dengan teks diskriptif yang di baca.
2.      Menceritakan kembali suatu teks descriptif yang di baca baik secara lisan maupun tulisan.
  
C. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjawab pertanyaan terkait dengan teks diskriptif yang di baca.
2.    Siswa dapat menceritakan kembali suatu teks descriptif yang di baca baik secara lisan maupun tulisan.

D.     Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang, tempat wisata terkenal INDONESIA TOURISM SPOT
           Struktur text:   -  Penyebutan nama tempat wisata dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
-       Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan tempat wisata.
Fungsi sosial: Mengembangkan, mengenalkan, mengidentifikasi,
        Unsur Kebahasaan:
-         Kata benda yang terkait dengantempat wisata
-         Kata sifat yang terkait dengan tempat wisata
-         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

E.     Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
 Pendekatan              : Pendekatan scientific
Strategi ( proyek ): menyimak, diskusi kelompok, penugasan invidu dan kelompok

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
-  PPT
2.      Alat/Bahan
-LCD
-LAP TOP
3. Sumber Belajar
-      Buku Paket Bahasa Inggris X

  
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (20 menit)
a.    menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaatdan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, denganmemberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional daninternasional;
c.    mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
e.    menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b. Kegiatan Inti (50 menit)
-     Siswa menyimak contoh teks diskriptif yang di berikan oleh guru
-     Siswa menyampaikan informasi fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan yang di temukan setelah membaca teks diskriptif.
-     Siswa menceritakan kembali teks diskriptif yang di baca dengan memperhatikan fungsi social struktur dan unsur kebudayaan
c. Penutup (20menit)
-  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
-  Guru memberikan umpan balik pembelajaran
-  Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian

·         Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama pembelajaran)
·         Pengetahuan: tes lisan
·         Keterampilan:tes lisan, keterampilan mendiskripsikan gambar tempat wisata.

1.       Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Peduli
Kerjasama
Cinta Damai
1.






2.






3.






4.













40.









Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten

Penilaian Proyek



Format Penilaian Proyek
Mata Pelajaran         :              
Nama Proyek             :              
Alokasi Waktu           :              
Guru Pembimbing   :              
Nama                            :              
Kelas                             :              
No.
ASPEK
SKOR (1 - 5)
1
PERENCANAAN :
a.      Persiapan
b.      Menyiapkan gambar

2
PELAKSANAAN :
a.      Isi
b.      Struktur teks
c.       Kosakata
d.      Kalimat
e.      Mekanik

3
LAPORAN PROYEK :
a.      Unjuk Kerja (Performance)
b.      Presentasi / Penguasaan


TOTAL SKOR


Rubrik Role Play (file terlampir)

Rubrik  Storytelling (file terlampir)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog