RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas
/ Semester : XI /
Materi
Pokok : Surat Pribadi
Alokasi
Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2. Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman.
3.5 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menangkap makna
teks surat pribadi
.
4.8 Menyusun teks
surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
1.1. Siswa dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2. Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.5.
Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7. Siswa dapat menangkap
makna teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8. Siswa dapat menyusun
teks surat pribadii, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.
Siswa
dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2. Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.5.
Siswa dapat menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7.
Siswa dapat menangkap makna teks surat pribadi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.8.
Siswa
dapat menyusun teks surat pribadii, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
D. Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial
Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar
pribadi kepada teman secara tertulis
Memberi informasi kepada teman
Struktur
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph: Greetings
dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
· Kata dan tata bahasa baku
· Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
· Rujukan kata
· simple present, simple past, ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi
F. Kegiatan Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-Guru memberi salam (greeting)
-Guru memeriksa kehadiran siswa
-Guru berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa
pertanyaan pancingan untuk materi yang akan diajarkan
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
·
Siswa memperhatikan berbagai surat pribadi yang
digunakan guru dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
·
Siswa membacakan contoh-contoh surat pribadi
tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Siswa menyalin contoh-contoh tersebut sesuai
dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan pertanyaan pengarahan dari guru siswa
terpancing untuk mempertanyakan
-
Fungsi Sosial;
-
Struktur
-
Unsur kebahasaan yang digunakan dalam surat
pribadi.
·
Siswa
mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan
informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari
contoh surat pribadi yang lain dari berbagai sumber
·
Siswa berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi
surat pribadi.
Mengasosiasi
·
Siswa menganalisis berbagai macam surat pribadi
terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi
ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi
Komunikasi
·
Siswa melengkapi
surat pribadi sederhana dan menyampaikannya di depan guru dan teman
untuk mendapat feedback.
·
Siswa berkreasi dalam menuliskan surat pribadi
kepada teman/ guru
Siswa
memperoleh penguatan dari guruMengamati
·
Siswa mendengarkan berbagai ungkapan yang
digunakan guru dalam mengundang secara resmi dari berbagai sumber (a.l. media
massa, internet).
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci
·
Siswa membacakan contoh-contoh teks mengundang
tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Siswa menyalin contoh-contoh teks undangan resmi
sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing
untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam
mengundang secara resmi.
·
Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang
tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam mengundang secara resmi.
Mengeksplorasi
·
Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari
contoh undangan yang lain dari
berbagai sumber
·
Siswa
Mengasosiasi
· Siswa
menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
· Secara berkelompok
siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.
·
Siswa menyunting undang yang diambil dari
berbagai sumber
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok
Mengkomunikasikan
· Siswa
melengkapi teks undangan resmi dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
·
Siswa berkreasi
dalam membuat kliping undangan resmi
· Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
· Dengan
menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan
Siswa
memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
|
60
menit
|
Penutup
|
-Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran dan manfaatnya
-Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-Peserta didik menerima tugas mandiri .
-Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup
|
10
menit
|
G.
Alat
dan Sumber Belajar
· Alat
dan bahan :
- Proyektor/infocus - Netbook - Video
- White
Board - Powerpoint
· Sumber
Belajar :
1.
Suara guru.
2.
Buku paket bahasa inggris sma
3.
Internet
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran (Assessment)
· Tingkat ketercapaian
fungsi sosial dalam menyampaikan surat pribadi
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat
· Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observasi)
·
Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis surat
pribadi
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap
tahapan
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi.
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca.
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan surat pribadi, berupa: draft, revisi,
editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya.
Gresik, 27 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli,
S.Pd.M.M Dra.
Kesi Damayanti
NIP. 19681028
199802 1 001 NIP.
19690327 2003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar