RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : Sekolah Menengah Atas
1 Menganti
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Text procedure (Procedure Text)
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1.
Mengahayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengahayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran dan damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permaslahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedur dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyabab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metodasesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Materi (IPK)
C.
Tujuan
pembelajaran
Setelah
mempelajari Unit 2 tentang Prosedur, melalui model pembelajaran diskusi
1.1
Siswa dapat
mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Siswa dapat menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
3.6 Siswa dapat menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk
manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.9 Siswa dapat menangkap makna teks prosedur,
lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
4.10 Siswa dapat menyunting teks prosedur
berbentuk manual dan kiat-kiat (tips) dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
D.
Materi Pembelajaran
Faktual :Teks
prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
Tujuankomunikasi :
Menyelesaikanpekerjaan,
secaralengkapdanurut.
Konseptual : Struktur
Menyebutkanbahan/bagiandaribenda
yang dipaparkansecaralengkap, sertadaftarlangkah yang dilakukan
Prosedural : UnsurKebahasaan
·
simple present tense
·
imperative,
·
Nomor yang menyatakan urutan
·
kata keterangan
ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca,
tulisan tangan yang jelas dan rapi.
Metakognitif
: Teks yang dibuat sendiri oleh siswa
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Saintifik dengan menggunakan metode diskusi
F.
Kegiatan
Pembelajaran
PERTEMUAN
1
PERTEMUAN
2
G.
AlatdanSumberBelajar
· Alatdanbahan
:
- Proyektor/infocus - Netbook - Video
- White
Board - Powerpoint
· SumberBelajar
:
1. Suara guru.
2.
Bukupaketbahasainggrissma
3. Internet
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran (Assessment)
KriteriaPenilaian:
Tingkat ketercapaianfungsisosialteksprosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips).
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teksprosedur, lisan
dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan
tentang teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
Ketepatanmenggunakanstrukturdanunsurkebahasaanteksprosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips).
Pengamatan
(observations):
Upaya menggunakan
bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
·
Berperilakujujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakankomunikasi
Ø Penilaian Afektif
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP (KI.1)
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP (KI.2)
Ø Penilaian psikomotor
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTOR
·
Penilaian Diri
·
Pengamatan presentasi
·
Penilaian teman Sejawat
Ø Penilaian Kognitif
Jumlah
betul x 100 =
Jumlah soal
Gresik, 27
Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA N I Menganti Pengajar,
Muhammad
Fadloli, S.Pd.M.M Dra.
Kesi Damayanti
NIP. 19681028
199802 1 001 NIP.
19690327 2003 2 003
|
Materi
Observe this sign
Ø Do you ever see that sign?
Ø Where can you find it?
Ø What does bullying mean?
Ø Who usually do it?
Ø Why do they do that?
Ø Is it a good activity or bad activity?
Ø If you face that activity, what must you do?
Ø Do you fell that you have guts to do what yu must to
do?
|
pdf nya ngk ada kah?
BalasHapus