Breaking News

Minggu, 28 Juni 2015

RPP XII : OFFERING HELP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMAN  1 Menganti
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : XII/1
Materi Pokok             : Dialog Menawarkan Jasa
Alokasi Waktu           :  4 JP (2 pertemuan)
Guru                           : Dra. Kesi Damayanti

A.            Kompetensi Inti (KI)
1.             Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.             Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.             Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.       Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
Indikator :
1.      Siswa dapat menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru bahasa inggris.
2.3.  Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
Indikator :
1.    Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional



3.1.    Memahami teks lisan dan tulis untuk menarik perhatian, menawarkan jasa, dan meminta untuk diperhatikan, serta responnya
Indikator :
1.    Siswa dapat mengidentifikasi dialog menawarkan jasa
2.                      Siswa dapat mengidentifikasi dialog meminta perhatian dan responnya.
4.1    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan untuk menarik perhatian, menawarkan jasa, dan meminta untuk diperhatikan.
Indikator:
1.        Siswa dapat menjawab pertanyaan terkait dengan dialog menawarkan jasa.
2.    Siswa dapat menceritakan kembali dialog meminta perhatian dan responnyadengan baik secara lisan maupun tulisan.

C.             Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi tentang dialog menawarkan jasa dan meminta perhatian serta responnya dengan strategi 5M dan model pembelajaran diskusi dan proyek, Siswa dapat :
1.      Menunjukkan sikap bersyukur dan aktif dalam mempelajari bahasa inggris dengan baik
2.      Menunjukkan perilaku bertanggung jawab, peduli, cinta damal dan kerjasama dalam berkomunikasi bahasa inggris dengan baik
3.      Mengidentifikasi kalimat tentang dialog dengan baik
4.      Mengidentifikasi penjelasan secara terinci
5.      Mengidentifikasi penggunaan kata khusus dalam dialog yang dipelajari dengan benar
6.      Menjawab pertanyaan bacaan dengan benar
7.      Menceritakan kembali dialog menggunakan bahasa lisan maupun tulisan

D.            Materi Pembelajaran
Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk dialog menawarkan jasa dan meminta perhatian.

Konseptual : Fungsi sosial : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.

Prosedural : Struktur Teks :
(1)         Pengenalan deskripsi umum
(2)         Pengenalan deskripsi khusus
Unsur Kebahasaan :
(1)         Kata-kata terkait  dari dialog menarakan jasa dan meminta perhatian
(2)         Simple present tense.
(3)         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)         Rujukan kata

Metakognitif : Teks buatan siswa secara lisan/tulisan

E.             Metode Pembelajaran
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)

F.             Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
-          Power point presentation
-          Rekaman untuk listening
-          Film
-          Gambar
2.      Alat/Bahan
-          Loud speaker laptop
-          Computer
-          LCD
3.      Sumber Belajar
-          Dialog menawarkan jasa dan meminta perhatian
-          Audio CD/VCD/DVD
-          Suara guru
-          www. dailyenglish.com

G.             Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (10menit)
1)       Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2)       Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
·         Siswa menyimak  contoh dialog menawarkan jasa  yang  diperdengarkan guru  (faktual)
·         Siswa mendiskusikan  deskripsi umum dan khusus yang disajikan guru (konseptual)
·         Siswa mengamati hal-hal yang menonjol dari dialog (faktual)
·         Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari dialog (prosedural)
·         Siswa membuat daftar kata sulit yang pernah didengar atau dibaca (metakognitif)

Menanya
·         Siswa mempertanyakan  isi dialog (konseptual)


Mengeksplorasi (Sesi )
·         Siswa merangkai kalimat  dari gambar dan potongan dialog yang disediakan (konseptual)
·         Siswa  membuat kalimat dari gambar yang tersedia (metakognitif)

3)       Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·      Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 2 (10menit)
1)       Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2)       Kegiatan Inti (70 menit)
Mengasosiasi
·         Siswa mengidentifikasi dan menganalisis bagian bagian dialog yang dipelajari dikelas. (konseptual)
·         Siswa menganalisis penggunaan kata kerja tertentu (unsur  kebahasaan) yang ada pada dialog  yang dipelajari dikelas  (metakognitif)
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. (prosedural)

Mengkomunikasikan
·         Siswa menyampaikan informasi fungsi social, struktur, dan unsur kebahasaan yang ditemukan setelah membaca dialog. (konseptual)
·         Siswa menceritakan kembali dialog  yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya. (metakognitif)
·         Siswa melakukan “class exhibition” untuk produk dialog  versinya (metakognitif)
·         Siswa memberikan “peer assessment” untuk produk dialog versi temannya (konseptual)
·         Siswa membuat jurnal belajar (prosedural)


3)       Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·      Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya


H.     Penilaian

1.     Jenis/Teknik Penilaian
·         Sikap (melalui rubrik pengamatan sikap selama pembelajaran)
·         Pengetahuan: tes tertulis
·         Keterampilan: reading aloud,  keterampilan mengembangkan draf, project.

2.     Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Peduli
Kerjasama
Cinta damai
1.






2.






3.






4.













40.







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten

  1. Remidi
              1.    Mendengarkan kembali penjelasan guru
              2.    Berlatih membaca, mencari informasi rinci dan membuat dialog dengan kalimat sendiri dari contoh yang disiapkan guru



  1. Pengayaan
                  1.    Mengamati sekeliling/ lingkungan sekitar (rumah/sekolah)
                  2.    Mencari informasi untuk dapat menerapkan dialog





Gresik, 27 Juli  2015
Mengetahui,
Kepala  SMA N I Menganti                                                         Pengajar,

Muhammad Fadloli, S.Pd.M.M                                                    Dra. Kesi Damayanti

NIP. 19681028 199802 1 001                                                      NIP. 19690327 2003 2 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog