RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 1 Menganti
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Dialog Menawarkan
Jasa
Alokasi Waktu : 4 JP (2 pertemuan)
Guru : Dra. Kesi Damayanti
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
Indikator :
1. Siswa dapat
menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru bahasa inggris.
2.3. Menunjukkkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
fungsional
Indikator :
1.
Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.1. Memahami teks lisan dan tulis untuk menarik perhatian, menawarkan jasa, dan meminta untuk
diperhatikan, serta responnya
Indikator :
1. Siswa dapat mengidentifikasi
dialog menawarkan jasa
2.
Siswa dapat mengidentifikasi dialog
meminta perhatian dan responnya.
4.1
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan untuk menarik
perhatian, menawarkan jasa, dan meminta untuk diperhatikan.
Indikator:
1.
Siswa dapat menjawab pertanyaan terkait dengan dialog
menawarkan jasa.
2. Siswa dapat
menceritakan kembali dialog meminta perhatian dan responnyadengan baik
secara lisan maupun tulisan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi tentang dialog
menawarkan jasa dan meminta perhatian serta responnya dengan strategi 5M dan
model pembelajaran diskusi dan proyek, Siswa dapat :
1. Menunjukkan
sikap bersyukur dan aktif dalam mempelajari bahasa inggris dengan baik
2. Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab, peduli, cinta damal dan kerjasama dalam
berkomunikasi bahasa inggris dengan baik
3. Mengidentifikasi
kalimat tentang dialog dengan baik
4. Mengidentifikasi
penjelasan secara terinci
5. Mengidentifikasi
penggunaan kata khusus dalam dialog yang dipelajari dengan benar
6. Menjawab
pertanyaan bacaan dengan benar
7. Menceritakan
kembali dialog menggunakan bahasa lisan maupun tulisan
D.
Materi
Pembelajaran
Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk dialog
menawarkan jasa dan meminta perhatian.
Konseptual
: Fungsi sosial : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai
budaya lain.
Prosedural : Struktur
Teks :
(1)
Pengenalan deskripsi
umum
(2)
Pengenalan deskripsi
khusus
Unsur
Kebahasaan :
(1)
Kata-kata terkait dari dialog menarakan jasa
dan meminta perhatian
(2)
Simple present tense.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
(4)
Rujukan kata
Metakognitif : Teks buatan siswa secara
lisan/tulisan
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak,
diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok
(proyek)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
-
Power point
presentation
-
Rekaman untuk
listening
-
Film
-
Gambar
2. Alat/Bahan
-
Loud speaker laptop
-
Computer
-
LCD
3. Sumber Belajar
-
Dialog menawarkan jasa dan
meminta perhatian
-
Audio CD/VCD/DVD
-
Suara guru
-
www. dailyenglish.com
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
(10menit)
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
·
Siswa
menyimak contoh dialog menawarkan
jasa yang diperdengarkan guru (faktual)
·
Siswa
mendiskusikan deskripsi
umum dan khusus yang disajikan guru (konseptual)
·
Siswa
mengamati hal-hal yang menonjol dari dialog
(faktual)
·
Siswa
belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari dialog (prosedural)
·
Siswa membuat daftar kata sulit yang pernah didengar
atau dibaca (metakognitif)
Menanya
·
Siswa mempertanyakan
isi dialog (konseptual)
Mengeksplorasi (Sesi )
·
Siswa merangkai kalimat dari gambar dan
potongan dialog yang disediakan
(konseptual)
·
Siswa membuat kalimat
dari gambar yang tersedia (metakognitif)
3) Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2
(10menit)
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengasosiasi
·
Siswa mengidentifikasi dan menganalisis bagian bagian
dialog yang dipelajari dikelas. (konseptual)
·
Siswa menganalisis
penggunaan kata kerja tertentu (unsur
kebahasaan) yang ada pada dialog yang
dipelajari dikelas (metakognitif)
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis
yang disampaikan dalam kerja kelompok. (prosedural)
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyampaikan informasi fungsi social,
struktur, dan unsur kebahasaan yang ditemukan setelah
membaca dialog. (konseptual)
·
Siswa menceritakan kembali dialog yang dibaca dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaannya. (metakognitif)
·
Siswa melakukan “class exhibition” untuk produk
dialog versinya (metakognitif)
·
Siswa memberikan “peer assessment” untuk produk dialog
versi temannya
(konseptual)
·
Siswa membuat jurnal belajar (prosedural)
3) Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik
Penilaian
·
Sikap (melalui rubrik pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.
2. Bentuk
instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40.
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap
dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
- Remidi
1. Mendengarkan
kembali penjelasan guru
2. Berlatih
membaca, mencari informasi rinci dan membuat dialog
dengan kalimat sendiri dari contoh yang disiapkan guru
- Pengayaan
1. Mengamati
sekeliling/ lingkungan sekitar (rumah/sekolah)
2. Mencari
informasi untuk dapat menerapkan dialog
Gresik, 27 Juli
2015
Mengetahui,
Kepala SMA
N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli, S.Pd.M.M Dra. Kesi
Damayanti
NIP. 19681028 199802 1 001 NIP. 19690327
2003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar