RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 1 Menganti
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Teks Factual
Report
Alokasi Waktu : 8 JP (4 pertemuan)
Guru : Dra. Kesi Damayanti
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
Indikator :
1. Siswa dapat
menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru bahasa inggris.
2.3. Menunjukkkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
fungsional
Indikator :
1.
Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.3. Memahami
tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual (factual
report) lisan dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.
Indikator :
1. Siswa dapat mengidentifikasi
karakter dalam
teks report
2. Siswa dapat mengidentifikasi
penjelasan
terinci tentang teks report
3. Siswa dapat
mengidentifikasi penggunaan kata kata khusus dalam teks report
4. Siswa
dapat menganalisis penggunaan bentuk kata kerja tertentu dalam teks report
4.4
Menyusun teks ilmiah faktual (factual
report) lisan dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII, dengan memperhatikan tujuan,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
Indikator:
1.
Siswa dapat menjawab pertanyaan terkait dengan teks
report yang dibaca.
2. Siswa dapat
menceritakan kembali teks report yang telah dibaca dengan baik
secara lisan maupun tulisan.
4.5
Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report) lisan
dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan
mata pelajaran lain di Kelas XII.
Indikator:
1. Siswa dapat menuliskan
kembali teks report
2. Siswa dapat membuat
teks report sendiri.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi tentang teks
report dengan strategi 5M dan model pembelajaran diskusi dan proyek, Siswa
dapat :
1. Menunjukkan
sikap bersyukur dan aktif dalam mempelajari bahasa inggris dengan baik
2. Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab, peduli, cinta damal dan kerjasama dalam
berkomunikasi bahasa inggris dengan baik
3. Mengidentifikasi
tokoh/karakter terkenal dalam biografi pendek dengan seksama
4. Mengidentifikasi
penjelasan secara terinci
5. Mengidentifikasi
penggunaan kata khusus dalam penulisan teks report dengan
benar
6. Menganalisis
penggunaan bentuk kata kerja yang digunakan dengan tepat
7. Menjawab
pertanyaan bacaan dengan benar
8. Menceritakan
kembali teks report menggunakan bahasa lisan maupun
tulisan
D.
Materi
Pembelajaran
Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk teks
report tokoh terkenal.
Konseptual
: Fungsi sosial : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai
budaya lain.
Prosedural : Struktur
Teks :
(1)
Pengenalan deskripsi
umum
(2)
Pengenalan deskripsi
khusus
Unsur
Kebahasaan :
(1)
Kata-kata terkait dari teks report
(2)
Simple past tense.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
(4)
Rujukan kata
Metakognitif : Teks buatan siswa secara
lisan/tulisan
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak,
diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok
(proyek)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
-
Power point
presentation
-
Rekaman untuk
listening
-
Film
-
Gambar
2. Alat/Bahan
-
Loud speaker laptop
-
Computer
-
LCD
3. Sumber Belajar
-
teks report
-
Audio CD/VCD/DVD
-
Suara guru
-
www. dailyenglish.com
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
(10menit)
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
·
Siswa
menyimak contoh teks
report tentang
tokoh terkenal yang diperdengarkan guru (faktual)
·
Siswa
mendiskusikan deskripsi
umum dan khusus yang disajikan guru (konseptual)
·
Siswa
mengamati hal-hal yang menonjol dari tokoh biografi tersebut (faktual)
·
Siswa
belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks (prosedural)
·
Siswa membuat daftar teks report tokoh terkenal yang pernah
didengar atau dibaca (metakognitif)
Menanya
·
Siswa mempertanyakan
isi teks (konseptual)
3) Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2 (10
menit)
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan
sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengeksplorasi (Sesi 1)
·
Siswa menjodohkan serta merangkai kalimat dari gambar dan potongan teks yang disediakan (konseptual)
·
Siswa membuat
kalimat percakapan dari gambar yang tersedia (metakognitif)
3) Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 3
1) Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan
sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengasosiasi
·
Siswa mengidentifikasi dan menganalisis bagian bagian teks
report.
(konseptual)
·
Siswa menganalisis
penggunaan kata kerja tertentu (unsur
kebahasaan) yang ada pada teks report yang dipelajari dikelas (metakognitif)
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis
yang disampaikan dalam kerja kelompok. (prosedural)
3) Kegiatan Penutup ( 10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 4
1) Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan
sebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyampaikan informasi fungsi social,
struktur, dan unsur kebahasaan yang ditemukan setelah
membaca teks report. (konseptual)
·
Siswa menceritakan kembali teks biografi yang dibaca dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaannya. (metakognitif)
·
Siswa melakukan “class exhibition” untuk produk teks
report versinya
(metakognitif)
·
Siswa memberikan “peer assessment” untuk produk teks
report versi temannya
(konseptual)
·
Siswa membuat jurnal belajar (prosedural)
3) Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran
hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik
Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.
2. Bentuk
instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40.
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap
dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu:
Pembimbing :
Nama
: (kelompok/pribadi)
Kelas
: ________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan Narrative Plan
|
||||||
2.
|
PELAKSANAAN
|
||||||
a. Isi
|
|||||||
b. Struktur
Teks
|
|||||||
c. Kosakata
|
|||||||
d. Kalimat
|
|||||||
e. Mekanik
|
|||||||
3.
|
LAPORAN
PROYEK
|
||||||
a. Performa
|
|||||||
b. Penguasaan
materi proyek
|
Penilaian Role Play
(file terlampir/ PDF)
Penilaian Storytelling
(file terlampir)
PENUGASAN
Form untuk kegiatan menanya:
Title
|
Populas as
|
Main Character
|
1. Biografi
Soekarno
|
Indonesia’s
first president
|
Soekarno
|
Question from other
group:
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
- Remidi
1. Mendengarkan
kembali penjelasan guru
2. Berlatih
membaca, mencari informasi rinci dan membuat teks dengan kalimat sendiri dari
contoh yang disiapkan guru
- Pengayaan
1. Mengamati
sekeliling/ lingkungan sekitar (rumah/sekolah)
2. Mencari
informasi orang yang dianggap penting yang dapat ditulis teks report
3. Menuliskan
reporti orang tersebut di atas kertas
Gresik, 27 Juli
2015
Mengetahui,
Kepala SMA
N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli, S.Pd.M.M Dra. Kesi
Damayanti
NIP. 19681028 199802 1 001 NIP. 19690327
2003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar