Breaking News

Selasa, 23 Juni 2015

RPP XI : BIOGRAPHY

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan         : SMA
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas / Semester           : XI /
Materi Pokok                 : Biography
Alokasi Waktu               : 1 x 2 jp ( 90 menit )

A.     Kompetensi Inti
KI 1      : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3      : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4      : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat    mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3.  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.11. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.15. Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terken


1.1.           Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3. Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.11.   Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.15. Siswa dapat menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal




C.     Tujuan Pembelajaran
1.1.    Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.    Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15.  Siswa dapat menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal

D.     Materi Pembelajaran         
Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
Fungsi Sosial
Meneladani,    membanggakan,  bertindak teratur, teliti dan disiplin, melaporkan
Struktur
a.    Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b.    Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.    Jika perlu, ada kesimpulan umum.

Unsur Kebahasaan
-    Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.
-    Simple, Continuous, Perfect tense
-    Penyebutan kata benda
Modal auxiliary verbs

E.      Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi

F.      Kegiatan Pembelajaran
      
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-Guru memberi salam (greeting)
-Guru memeriksa kehadiran siswa
-Guru berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk materi yang akan diajarkan

10 menit
Kegiatan inti























Mengamati
·      Siswa menyimak berbagai contoh teks biografi  yang diberikan/ diperdengarkan guru  secara  santun dan tanggung jawab.
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·      Siswa mengamati keteladanan dari teks biografi yang dipelajari.
·      Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda
Mempertanyakan (questioning)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks biografi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·      Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·      Siswa mencari beberapa text biografi  dari berbagai sumber.
·      Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·      Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks biografi sederhana
·      Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks biografi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
·      Siswa membacakan teksbiografit kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
·      Secara berpasangan siswa  menganalisis beberapa teks biografi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·      Siswa menceritakan kembali teks biografi sederhana tentang keteladanan dari  tokoh terkenal dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·      Siswa membuat kliping  teks  biografi dengan menyalin dan beberapa sumber.
·      Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari  teks  biografi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
Siswa membuat ‘learning
60 menit
Penutup


-Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaatnya
-Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-Peserta didik menerima tugas mandiri .
-Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup


10 menit


G.         Alat dan Sumber Belajar
·   Alat dan bahan     :
-          Proyektor/infocus          -          Netbook             -          Video
-          White Board     -          Powerpoint

·  Sumber Belajar     :
1.    Suara guru.
2.     Buku paket bahasa inggris sma
3.    Internet
H. Penilaian Hasil Pembelajaran (Assessment)
Kriteria penilaian:                                   
·  Pencapaian fungsi sosial
·  Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
·  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·     Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Sasaran penilaian adalah:
·      Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·    Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks biografi
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar
·    Kumpulan hasil tes dan latihan.
·     Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain.

Gresik, 27 Juli  2015
Mengetahui,
Kepala  SMA N I Menganti                                                         Pengajar,

Muhammad Fadloli, S.Pd.M.M                                                    Dra. Kesi Damayanti
NIP. 19681028 199802 1 001                                                      NIP. 19690327 2003 2 003






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog