RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI /
Materi Pokok : Biography
Alokasi Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.15. Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terken
|
1.1.
Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11. Siswa dapat menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek
dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15. Siswa dapat menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.1. Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11. Siswa dapat menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek
dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15. Siswa dapat menangkap makna
teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
D.
Materi Pembelajaran
Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
Fungsi Sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin,
melaporkan
Struktur
a.
Menyebutkan tindakan/
peristiwa/kejadian secara umum
b.
Menyebutkan urutan
tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.
Jika perlu, ada kesimpulan
umum.
Unsur Kebahasaan
- Kata-kata terkait dengan perjuangan
hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak
dibicarakan.
- Simple, Continuous,
Perfect tense
- Penyebutan kata benda
Modal auxiliary verbs
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi
F.
Kegiatan Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-Guru memberi
salam (greeting)
-Guru memeriksa
kehadiran siswa
-Guru
berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk
materi yang akan diajarkan
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
·
Siswa menyimak berbagai
contoh teks biografi yang diberikan/
diperdengarkan guru secara santun dan tanggung jawab.
·
Siswa mengamati fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
· Siswa mengamati keteladanan dari teks biografi yang dipelajari.
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks legenda
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai teks biografi yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·
Siswa mempertanyakan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa
text biografi dari berbagai sumber.
·
Siswa berlatih
menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa melengkapi
rumpang dari beeberapa teks biografi sederhana
·
Siswa secara
berkelompok menuliskan /menyalin teks biografi dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
·
Siswa membacakan
teksbiografit kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
· Secara berpasangan siswa
menganalisis beberapa teks biografi dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan
· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menceritakan
kembali teks biografi sederhana tentang keteladanan dari tokoh terkenal dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·
Siswa membuat
kliping teks biografi dengan menyalin dan beberapa
sumber.
· Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman
masing-masing dalam mencari teks biografi selama proses pembelajaran di
dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
Siswa membuat ‘learning
|
60 menit
|
Penutup
|
-Peserta didik
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaatnya
-Peserta didik
dan guru saling memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-Peserta didik
menerima tugas mandiri .
-Peserta didik
dan guru mengucapkan salam penutup
|
10 menit
|
G. Alat dan
Sumber Belajar
· Alat dan
bahan :
- Proyektor/infocus - Netbook - Video
- White
Board - Powerpoint
· Sumber Belajar
:
1. Suara guru.
2. Buku paket bahasa inggris sma
3. Internet
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
(Assessment)
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur
teks
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Sasaran penilaian adalah:
·
Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks biografi
·
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
·
Kumpulan hasil tes dan latihan.
·
Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain.
Gresik, 27 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli,
S.Pd.M.M Dra.
Kesi Damayanti
NIP. 19681028 199802
1 001 NIP.
19690327 2003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar