RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 MENGANTI
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semeste r : XI/
1 (satu)
Materi Pokok :
Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan
responnya.
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit(2 JP)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
2.
3.
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks memberi
saran dan tawaran dan responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk member saran dan tawaran dan
responnya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa
syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya
2.1.1 Menyelesaikan tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja
kelompok
2.1.2 Dengan sukarela tampil ke depan
kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi
2.1.3 Melakukan hal-hal yang dikatakan
akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
3.1.1 Menentukan
fungsi sosial teks
3.1.2 Mengidentifikasi
vocabulary untuk teks
3.1.3 Mengidentifikasi
ungkapan dalam teks
3.1.4 Mengidentifikasi
unsur kebahasaan dalam teks
4.1.1 Menyusun kelengkapan dan keruntutan
struktur teks memberi
saran , tawaran dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks secara tertulis
4.1.2 Memberi saran dan tawaran serta
responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks secara tertulis
4.1.3 Memberi saran dan tawaran serta
responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks secara lisan
4.1.4 Melatih member saran dan
tawaran serta responnya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks secara tulis
4.1.5 Melatih member saran dan tawaran serta
responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks secara lisan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengetahui
tujuan komunikatif dari
teks memberi saran dan tawaran
2.
Menemukan vocabulary yang sesuai untuk , menanyakan, dan
merespon dalam
teks memberi saran dan tawaran serta
responnya
3.
Mengetahui
ungkapan dan unsur kebahasaan dalam teks
member saran dan
tawaran serta responnya
4.
Mampu menyusun kelengkapan dan keruntutan struktur teks memberi saran dan tawaran serta
responnya
5.
Memberi
saran dan tawaran serta responnya dengan baik dan benar secara lisan maupun tertulis
D.
Materi Pembelajaran.
Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan
responnya
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan
orang lain
·
Terbiasa menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran
dan meresponnya
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need
….?
Unsur kebahasaan
(1)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif
E.
Metode Pembelajaran.
Content
base work
F.
Sumber Belajar.
1.
Video
2.
Gambar
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media :
gambar orang bercakap, video perkenalan dan
memperkenalkan
orang lain.
G.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-Guru
memberi salam (greeting)
-Guru
memeriksa kehadiran siswa
-Guru
berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk
materi yang akan diajarkan
|
10 menit
|
Kegiatan inti
Mengamati
Menaya
Mengumpulkan data/informasi
Mencipta
|
-Peserta
didik memperhatikan gambar besar tentang beberapa orang yang sedang bercakap
-Peserta
didik membuat catatan singkat tentang gambar
-Guru
menanyai peserta didik apa yang sedang dilakukan orang yang ada digambar
-Guru
menanyai peserta didik tentang bagaimana mereka memberi saran dan tawaran
-Guru
memperlihatkan video tentang orang yang sedang member saran dan tawaran
-Peserta
didik menirukan cara pengucapan kata, dialog atau kalimat yang dipelajari
-Peserta
didik menirukan cara member
saran dan tawaran serta responnya
Mengolah
Informasi
-Peserta
didik bekerja berkelompok untuk menuliskan ungkapan yang dipergunakan dalam
memberi saran
dan tawaran serta responnya
Mengkomunikasikan
-Peserta
didik mempresentasikan pola ungkapan, unsur kebahasaan (kata sifat), ucapan,
fungsi komunikasi dan struktur teks yang dihasilkan.
-Peserta
didik secara berkelompok menulis deskripsi sederhana tentang memberi saran dan tawaran
serta responnya dari teman kelompoknya
|
70 menit
|
Penutup
|
-Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaatnya
-Peserta
didik dan guru saling memberi umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
-Peserta
didik menerima tugas mandiri untuk membuat
teks member saran dan tawaran serta
responnya
-Peserta
didik dan guru mengucapkan salam penutup
|
10 menit
|
Penilaian Hasil Pembelajaran (Assessment)
Kriteria
Penilaian Tugas
NO
|
Pencapaian Fungsi Sosial
|
Score Maksimal
|
1.
|
Menggunakan
8 kata positifdanduadiantaranyaadalah kata’’ God’’ dan ‘’Thank’’
Menggunakan
6 kata positifdanduadiantaranyaadalah kata “God” dan “Thank”
|
30
|
2.
|
Menggunakan
4 kata positifdanduadiantaranyaadalah kata “God” dan “Thank”
|
40
|
3.
|
Menggunakan
4 kata positiftanpa kata “God” dan “Thank”
Menggunakankurangdari
4 kata positiftanpa kata “God” dan “Thank”
|
30
|
·
Tabel
Assessment Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Tugas
|
Topik
|
Keterangan
|
Nilai
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
|||||
10.
|
|||||
11.
|
|||||
12.
|
|||||
13.
|
|||||
14.
|
|||||
15.
|
|||||
16.
|
|||||
17.
|
|||||
18.
|
|||||
19.
|
|||||
20.
|
|||||
21.
|
|||||
22.
|
|||||
23.
|
|||||
24.
|
|||||
25.
|
|||||
26.
|
|||||
27.
|
|||||
28.
|
|||||
29.
|
|||||
30.
|
Kriteria
Penilaian Kinerja (Praktek)
·
Membacakan monolog tentang teks lisan dan tulis sederhana ,
untuk member saran dan tawaran serta responnya di depan
kelas (Speaking skill).
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Score Maksimal
|
1.
|
Grammar
|
25
|
2.
|
Pronounciation
|
25
|
3.
|
Punctuation
|
25
|
4.
|
Fluency
|
25
|
·
Pedoman Penilaian
Total
Nilai: 25x4=100
·
Tabel
Assessment Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Tugas
|
Topik
|
Keterangan
|
Nilai
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
|||||
10.
|
|||||
11.
|
|||||
12.
|
|||||
13.
|
|||||
14.
|
|||||
15.
|
|||||
16.
|
|||||
17.
|
|||||
18.
|
|||||
19.
|
|||||
20.
|
|||||
21.
|
|||||
22.
|
|||||
23.
|
|||||
24.
|
|||||
25.
|
|||||
26.
|
|||||
27.
|
|||||
28.
|
|||||
29.
|
|||||
30.
|
·
Membuatteksmonolog
tentang teks lisandantulissederhana
, untukmemaparkan ,menanyakandanmeresponpemaparanjatidirisederhanasecaraberkelompok
(Writing skill).
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Score Maksimal
|
1.
|
Kesesuaian (Kosakata)
|
25
|
2.
|
Tata Bahasa
|
25
|
3.
|
Kerapian
|
25
|
4.
|
Ketepatan Waktu
|
25
|
·
Pedoman Penilaian
Total Nilai: 25x4=10
·
Tabel
Assessment Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Tugas
|
Topik
|
Keterangan
|
Nilai
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
|||||
10.
|
|||||
11.
|
|||||
12.
|
|||||
13.
|
|||||
14.
|
|||||
15.
|
|||||
16.
|
|||||
17.
|
|||||
18.
|
|||||
19.
|
|||||
20.
|
|||||
21.
|
|||||
22.
|
|||||
23.
|
|||||
24.
|
|||||
25.
|
|||||
26.
|
|||||
27.
|
|||||
28.
|
|||||
29.
|
|||||
30.
|
PORTOFOLIO
Rubriks
Portofolio (Format 1)
Nama Siswa
: ________________________________________
Kelas
: _______________________________________
Guru
:
________________________________________
NO
|
Kreteria
Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada kumpulancatatankemajuanbelajar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
2.
|
Disajikanteksbergambartentangpemaparan jati diri,siswadapatmenentukanfungsisosialnyadenganbenar.
|
||||
3.
|
Disajikansebuahkalimattidaklengkapdangambar
yang relevan, siswadapatmelengkapinyadengan kata sifat yang tepat.
|
||||
4.
|
Ada kumpulanhasiltesdanlatihan.
|
||||
5.
|
Ada catatanpenilaiandiridanpenilaiansejawat
|
Gresik, 27 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli,
S.Pd.M.M Dra.
Kesi Damayanti
NIP. 19681028
199802 1 001 NIP.
19690327 2003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar