RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas
/ Semester : XI / -
Materi
Pokok : Undangan Resmi
Alokasi
Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.4. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4.
Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5. Menyunting undangan resmi dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
.
4.6. Menyusun teks
tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
1.1.
Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman.
3.4.
Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4
Siswa dapat menangkap makna teks undangan resmi.
4.5 Siswa dapat menyunting
undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Siswa
dapat menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.
Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
2.2. Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.4.
Siswa
dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4. Siswa dapat
menangkap makna
teks undangan resmi.
4.5.
Siswa dapat menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.
Siswa dapat menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
D. Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial
Menjagahubungan transaksional dengan orang lain
Struktur
Salutation
-
Will/ Couid you
come with me to the exhibition?
-
Is it possible for you to attend my birthday partyr?
Closing
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata dan tata
bahasa baku
(2)
Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)
Layout
(5) Rujukan kata
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi
F. Kegiatan Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru memberi salam (greeting)
- Guru memeriksa kehadiran siswa
- Guru berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk materi yang akan diajarkan
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan berbagai ungkapan yang
digunakan guru dalam mengundang secara resmi dari berbagai sumber (a.l. media
massa, internet).
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci
·
Siswa membacakan contoh-contoh teks mengundang
tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Siswa menyalin contoh-contoh teks undangan resmi
sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa
terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan yang
digunakan dalam mengundang secara resmi.
·
Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang
tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam mengundang secara resmi.
Mengeksplorasi
·
Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari
contoh undangan yang lain dari
berbagai sumber
·
Siswa
Mengasosiasi
· Siswa
menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
· Secara berkelompok
siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.
·
Siswa menyunting undang yang diambil dari
berbagai sumber
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok
Mengkomunikasikan
· Siswa
melengkapi teks undangan resmi dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
·
Siswa berkreasi
dalam membuat kliping undangan resmi
· Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
· Dengan
menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan
Siswa
memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
|
60
menit
|
Penutup
|
- Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaatnya
- Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
- Peserta didik menerima tugas mandiri .
- Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup
|
10
menit
|
G.
Alat
dan Sumber Belajar
· Alat
dan bahan :
- Proyektor/infocus - Netbook - Video
- White
Board - Powerpoint
· Sumber
Belajar :
1.
Suara guru.
2.
Buku paket bahasa inggris sma
3.
Internet
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran (Assessment)
Kriteria
Penilaian:
Tingkat
ketercapaian fungsi social ungkapan
untuk menyatakan dan
merespon teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks untuk menyatakan dan
merespon teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata.
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
Bermain
peran (role play) dalam bentuk
interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang teks undangan resmi,
sesuai dengan konteks penggunaannya
Ketepatan menggunakan struktur dan
unsur kebahasaan dalam menyatakan merespon teks undangan resmi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
Pengamatan (observations):
Upaya menggunakan
bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
·
Kesungguhan siswa
dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan komunikasi
·
Berperilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan
komunikasi
Gresik, 27 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli,
S.Pd.M.M Dra.
Kesi Damayanti
NIP. 19681028
199802 1 001 NIP.
19690327 2003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar