RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI /
Materi Pokok : Analytical
Exposition Text
Alokasi Waktu : 1 x 2 jp ( 90
menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.10. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat
dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14
Menangkap makna dalam teks
eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum
|
1.1. Siswa dapat mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.10. Siswa dapat menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi
analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.14. Siswa dapat menangkap makna
dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.1. Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.
Siswa dapat menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
3.10. Siswa dapat menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.14.
Siswa dapat menangkap makna dalam teks eksposisi analitis
tentang topik yang hangat dibicarakan umum
D. Materi Pembelajaran
Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat
tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a. Menyebutkan pokok permasalahan
terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b. Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi
sebagai pendukung
c. Diakhiri dengan kesimpulan yang
menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
-
Kalimat Simple Present
-
Conditional Clauses
Modals
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi
F. Kegiatan
Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-Guru memberi salam (greeting)
-Guru memeriksa kehadiran siswa
-Guru berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan
untuk materi yang akan diajarkan
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
·
Siswa menyimak berbagai
contoh teks eksposisi analisis yang
diberikan/ diperdengarkan guru
·
Siswa mengamati fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·
Siswa belajar menemukan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi
analitis
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam
bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan
informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari beberapa
text eksposisi analitis dari berbagai sumber.
·
Siswa berlatih
menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa secara
berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
· Siswa membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
· Secara berpasangan siswa
menganalisis beberapa teks eksposisi dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil
analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan
mendengarkan
·
Berkelompok, siswa
bertukar cerita tentang teks eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur dan unsur kebahasaannya.
·
Siswa
mempresentasikannya di kelas
· Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman
masing-masing dalam mencari teks
eksposisi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk
kendala yang dialami.
· Siswa membuat ‘learning journal’
|
60 menit
|
Penutup
|
-Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaatnya
-Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
-Peserta didik menerima tugas mandiri .
-Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup
|
10 menit
|
G.
Alat dan Sumber
Belajar
· Alat dan
bahan :
- Proyektor/infocus - Netbook - Video
- White
Board - Powerpoint
· Sumber
Belajar :
1.
Suara guru.
2.
Buku paket bahasa inggris sma
3.
Internet
H. Penilaian Hasil
Pembelajaran (Assessment)
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur
teks
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Sasaran penilaian adalah:
·
Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks biografi
·
Kesungguhan siswa dalam
proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·
Ketepatan dan
kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar
·
Kumpulan hasil tes dan latihan.
·
Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
Gresik, 27 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli,
S.Pd.M.M Dra.
Kesi Damayanti
NIP. 19681028
199802 1 001 NIP.
19690327 2003 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar