RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 1 Menganti
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Surat Lamaran
Kerja
Alokasi Waktu : 4 JP (2 pertemuan)
Guru : Dra. Kesi Damayanti
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
Indikator :
1. Siswa dapat
menunjukkan sikap bersyukur, aktif, dalam mempelajaru bahasa inggris.
2.3. Menunjukkkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
fungsional
Indikator :
1.
Siswa dapat menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.2. Memahami
tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus, lisan dan tulis,
berbentuk surat lamaran kerja dan teks penyerta gambar (caption).
Indikator :
1. Siswa dapat mengidentifikasi
contoh surat lamaran kerja
4.2
Menyusun
teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran kerja dan teks penyerta
gambar (caption), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
Indikator:
1. Siswa dapat
menjawab pertanyaan terkait dengan informasi di surat
lamaran kerja
2. Siswa dapat
menceritakan kembali isi surat dengan baik secara lisan maupun tulisan.
4.3 Menangkap makna dalam teks berbentuk
surat lamaran kerja dan teks penyerta gambar (caption).
Indikator
:
1. Siswa dapat menangkap maksud dari surat
lamaran
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi tentang surat
lamaran kerja
dengan strategi 5M dan model pembelajaran diskusi dan proyek, Siswa dapat :
1. Menunjukkan
sikap bersyukur dan aktif dalam mempelajari bahasa inggris dengan baik
2. Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab, peduli, cinta damal dan kerjasama dalam
berkomunikasi bahasa inggris dengan baik
3. Mengidentifikasi
kalimat dalam surat lamaran kerja
4. Mengidentifikasi
penjelasan secara terinci
5. Mengidentifikasi
penggunaan kata khusus dalam surat lamaran kerja yang dipelajari dengan benar
6. Menjawab
pertanyaan bacaan dengan benar
7. Menceritakan
kembali surat lamaran kerja menggunakan bahasa lisan
maupun tulisan
D.
Materi
Pembelajaran
Faktual : Teks lisan dan tertulis berbentuk surat
lamaran kerja
Konseptual
: Fungsi sosial : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai
budaya lain.
Prosedural : Struktur
Teks :
(1)
Pengenalan deskripsi
umum
(2)
Pengenalan deskripsi
khusus
Unsur
Kebahasaan :
(1)
Kata-kata terkait dari surat lamaran kerja
(2)
Simple present tense.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
(4)
Rujukan kata
Metakognitif : Teks buatan siswa secara
lisan/tulisan
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak, diskusi
kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok
(proyek)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
-
Power point
presentation
-
Rekaman untuk
listening
-
Film
-
Gambar
2. Alat/Bahan
-
Loud speaker laptop
-
Computer
-
LCD
3. Sumber Belajar
-
Contoh surat lamaran kerja
-
Audio CD/VCD/DVD
-
Suara guru
-
www. dailyenglish.com
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
(10menit)
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
·
Siswa
menyimak contoh dialog menawarkan
jasa yang diperdengarkan guru (faktual)
·
Siswa
mendiskusikan deskripsi
umum dan khusus yang disajikan guru (konseptual)
·
Siswa
mengamati hal-hal yang menonjol dari dialog
(faktual)
·
Siswa
belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari dialog (prosedural)
·
Siswa membuat daftar kata sulit yang pernah didengar
atau dibaca (metakognitif)
Menanya
·
Siswa mempertanyakan
isi surat lamaran kerja
(konseptual)
Mengeksplorasi (Sesi )
·
Siswa merangkai kalimat dari gambar dan
potongan surat yang disediakan
(konseptual)
·
Siswa membuat
kalimat dari gambar yang tersedia (metakognitif)
3) Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2
(10menit)
1) Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2) Kegiatan Inti (70 menit)
Mengasosiasi
·
Siswa mengidentifikasi dan menganalisis bagian bagian surat
yang dipelajari dikelas. (konseptual)
·
Siswa menganalisis
penggunaan kata kerja tertentu (unsur
kebahasaan) yang ada pada surat lamaran kerja yang dipelajari dikelas (metakognitif)
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis
yang disampaikan dalam kerja kelompok. (prosedural)
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyampaikan informasi fungsi social, struktur,
dan unsur kebahasaan yang ditemukan setelah membaca surat
lamaran kerja.
(konseptual)
·
Siswa menceritakan kembali surat
lamaran kerja
yang dibaca dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya. (metakognitif)
·
Siswa melakukan “class exhibition” untuk produk surat
lamaran kerja versinya (metakognitif)
·
Siswa memberikan “peer assessment” untuk produk surat
lamaran kerja versi temannya (konseptual)
·
Siswa membuat jurnal belajar (prosedural)
3) Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik
Penilaian
·
Sikap (melalui rubrik pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.
2. Bentuk
instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40.
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap
dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
- Remidi
1. Mendengarkan
kembali penjelasan guru
2. Berlatih
membaca, mencari informasi rinci dan membuat surat
lamaran kerja dengan kalimat sendiri dari contoh yang disiapkan
guru
- Pengayaan
1. Mengamati
sekeliling/ lingkungan sekitar (rumah/sekolah)
2. Mencari
informasi untuk dapat menerapkan surat lamaran kerja
Gresik, 27 Juli
2015
Mengetahui,
Kepala SMA
N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli, S.Pd.M.M Dra. Kesi
Damayanti
NIP. 19681028 199802 1 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar