RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas
/ Semester : XII /2
Materi
Pokok : Procedure Text
Alokasi
Waktu : 2 x 2 jp ( 90 menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.2. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.5. Memahami tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur lisan dan tulis berbentuk
manual dan tip.
4.7. Menangkap makna
teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
|
1.1.
Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman.
3.5 Siswa dapat
menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7. Siswa
dapat menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis,
berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.
Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2. Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.5 Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.7 Siswa dapat
menangkap makna
teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
D. Materi Pembelajaran
teks
prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)
Tujuan
komunikasi :
menyelesaikan
pekerjaan, secara lengkap dan urut.
Struktur
menyebutkan
bahan/bagian dari benda yang dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah
yang dilakukan
Unsur Kebahasaan
·
simple present tense
·
imperative,
·
Nomor yang menyatakan urutan
· kata keterangan
ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi.
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru memberi salam (greeting)
- Guru memeriksa kehadiran siswa
-
Guru berkomunikasi dengan
siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk materi yang akan
diajarkan
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
· Siswa membaca/ membacakan/ mendengarkan berbagai macam manual dan tip.
· Siswa mengamati tujuan komunikasi, struktur, dan unsur
kebahasaan dari teks prosedur yang membaca, membacakan, menonton, dan
mendengarkan
Mempertanyakan
· Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa
mempertanyakan tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks
prosedur
Mengeksplorasi
· Siswa berlatih menggunakan kalimat imperative dalam
memberikan tip secara lisan dan tulis
·
Siswa
membacakan manual
dan tip kepada teman
dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·
Secara individu siswa menyalin
beberapa tips
|
60
menit
|
Penutup
|
-Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran dan manfaatnya
-Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-Peserta didik menerima tugas mandiri .
-Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup
|
10
menit
|
Pertemuan 2
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru memberi salam (greeting)
- Guru memeriksa kehadiran siswa
-
Guru berkomunikasi dengan
siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk materi yang akan
diajarkan
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan beberapa manual dan tips
·
Dalam kerja
kelompok terbimbing siswa membahas tentang masalah yang dihadapi pada saat
membaca, mendengarkan, dan menuliskan manual dan tips dengan fokus pada tujuan komunikasi,
struktur, dan unsur kebahasaan.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa mempresentasikan
beberapa tips yang disalin dari beberapa sumber
·
Siswa membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
60
menit
|
Penutup
|
-Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran dan manfaatnya
-Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
-Peserta didik menerima tugas mandiri .
-Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup
|
10
menit
|
G.
Alat
dan Sumber Belajar
· Alat
dan bahan :
- Proyektor/infocus - Netbook - Video
- White
Board - Powerpoint
· Sumber
Belajar :
1.
Suara guru.
2.
Buku paket bahasa inggris sma
3.
Internet
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran (Assessment)
Kriteria Penilaian:
Tingkat
ketercapaian fungsi social teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks prosedur,
lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips). Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang teks prosedur,
lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
Ketepatan menggunakan struktur dan unsur
kebahasaan teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
Pengamatan (observations):
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips).
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan komunikasi
· Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan
komunikasi
Gresik, 27 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA N I Menganti Pengajar,
Muhammad Fadloli,
S.Pd.M.M Dra.
Kesi Damayanti
NIP. 19681028
199802 1 001 NIP.
19690327 2003 2 003
syukron ibu, barakkallah
BalasHapus