MINI RPP BAHASA INGGRIS XII SEM 1 (WAJIB)
TOPIK
|
PEMBELAJARAN
|
ASSESMENT
|
WAKTU
| ||||
Caption
|
STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics)
|
- Level cognitive : 1 – 6
- Skill 21th century : kritis, kreatif, komunikaasi, kolaborasi
- Keterampilan : menulis dan menampilkan caption
|
1 pertemuan (90 menit)
| ||||
KD 3
|
KD 4
| ||||||
3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.3. Caption
4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk caption, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/ pengalaman kerja
4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/ foto/ tabel/ grafik/ bagan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
| ||||||
IPK
|
IPK
| ||||||
1. Siswa dapat mengaitkan teks caption berdasarkan fungsi sosial
2. Siswa dapat membandingkan berbagai macam teks caption (gambar/ kata/ kalimat/ teks) berdasarkan struktur teks
|
1. Siswa dapat menentukan makna implisit dan eksplisit teks caption berdasarkan fungsi social
2. Siswa dapat menentukan kalimat-kalimat caption dari gambar
3. Siswa dapat menentukan lawan kata berdasarkan unsur kebahasaam
4. Siswa dapat menyusun teks caption berdasarkan gambar/ teks/ foto/ grafik.
5. Siswa dapat mengembangkan teks caption berdasarkan struktur teks
6. Siswa dapat mempresentasikan teks caption berdasarkan unsur kebahasaannya
| ||||||
KATA KUNCI
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
| ||||||
- Caption
- Hastag (#)
|
Melalui kegiatan grup diskusi dengan model drill, peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis caption sesuai fungsi social, kemudian menemukan makna berdasarkan observasi struktur social, dan menyusun teks dengan memperhatikan unsur kebahasaannya, serta mempresentasikannya di depan kelas.
| ||||||
A. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
|
Sumber belajar
| ||||||
1. Pendahuluan (10 menit)
Siswa melakukan proses kritis dari dialog yang ditampilkan di depan kelas
2. Inti (70 menit)
- Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan cara membuat caption --- Literasi --- 20 menit
- Siswa berkolaborasi dalam tim menentukan cara membuat caption--- Science dan Engineering --- 30 menit
- Siswa mengkomunikasikan dengan presentasi hasil secara tim melalui praktik di depan kelas dan menjawab pertanyaan temannya secara lisan ---Art dan Mathematics --- 20 menit
3. Penutup (10 menit)
- Tes tulis hasil belajar
- Tes lisan hasil belajar
- Informasi kegiatan pembelajaran berikutnya
|
- Buku siswa
- Quipper
- LKS
Alat praktik
- Smart phone
- Laptop
- Rumus bahasa Inggris
| ||||||
B. ASSESMENT PEMBELAJARAN
| |||||||
Pengetahuan
1. Menemukan gambar yang diinginkan
2. Menuliskan caption
3. Menuliskan hastag
Keterampilan
1. Mempresentasikan caption dan hastaq di depan kelas
| |||||||
C. Lampiran
- Lembar kerja siswa tentang surat lamaran pekerjaan
| |||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
H. AINUR ROFIQ, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700708 199802 1 005
|
Gresik, 16 Juli 2019
Guru Bahasa Inggris
Dra. KESI DAMAYANTI
NIP. 19690327 200003 2 003
|
LKS – CAPTION - HASTAQ
Write the caption and hastaq about the picture!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar