MINI RPP BAHASA INGGRIS XI SEM 1 (WAJIB)
TOPIK
|
PEMBELAJARAN
|
ASSESMENT
|
WAKTU
| ||||
Passive Sentence
|
STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics)
|
- Level cognitive : 1 – 6
- Skill 21th century : kritis, kreatif, komunikaasi, kolaborasi
- Keterampilan : menulis dan menampilkan kalimat passive
|
1 pertemuan (90 menit)
| ||||
KD 3
|
KD 4
| ||||||
3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan kalimat pasif)
|
4.5. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindak memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
| ||||||
IPK
|
IPK
| ||||||
1. Siswa dapat menyebutkan contoh kalimat pasif
2. Siswa dapat menyebutkan tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan kalimat pasif
3. Siswa dapat membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam mengawali penyampaian kalimat pasif
|
1. Siswa dapat menyebutkan rumus dari kalimat pasif
2. Siswa dapat menulis perubahan kalimat aktif menjadi pasif
| ||||||
KATA KUNCI
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
| ||||||
- Kalimat aktif
- Kalimat pasif
- Rumus present
- Rumus past
- Rumus future
|
Melalui kegiatan grup diskusi dengan model drill peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis dan merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif sesuai dengan rumus yang diajarkan dalam present tense, past tense, dan future tense.
| ||||||
A. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
|
Sumber belajar
| ||||||
1. Pendahuluan (10 menit)
Siswa melakukan proses kritis dari dialog yang ditampilkan di depan kelas
2. Inti (70 menit)
- Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan rumus kalimat pasif ---Literasi --- 20 menit
- Siswa berkolaborasi dalam tim menentukan perubahan kalimat aktif menjadi kalimat pasif--- Science dan Engineering --- 30 menit
- Siswa mengkomunikasikan dengan presentasi hasil secara tim melalui praktik di depan kelas dan menjawab pertanyaan temannya secara lisan ---Art dan Mathematics --- 20 menit
3. Penutup (10 menit)
- Tes tulis hasil belajar
- Tes lisan hasil belajar
- Informasi kegiatan pembelajaran berikutnya
|
- Buku siswa
- Quipper
- LKS
Alat praktik
- Smart phone
- Laptop
- Rumus bahasa Inggris
| ||||||
B. ASSESMENT PEMBELAJARAN
| |||||||
Pengetahuan
1. Merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
2. Menemukan dan menjelaskan rumus kalimat pasif
Keterampilan
1. Mempresentasikan perubahan kalimat aktif menjadi pasif di depan kelas
| |||||||
C. Lampiran
- Lembar kerja siswa tentang kalimat pasif
| |||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
H. AINUR ROFIQ, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700708 199802 1 005
|
Gresik, 16 Juli 2019
Guru Bahasa Inggris
Dra. KESI DAMAYANTI
NIP. 19690327 200003 2 003
|
LKS – PASSIVE SENTENCE
Change these sentences into passive!
A. PRESENT
1. This boy cooks the menu
2. My little sister waters vegetables
3. Aliana buys a red shirt every Chinese New Year
4. She writes some novels every year
5. Everybody loves me
B. PAST
1. This boy cooked the menu
2. My little sister watered vegetables
3. Aliana bought a red shirt last year
4. She wrote some novels last year
5. Somebody loved me
C. FUTURE
1. This boy will menu
2. My little sister will water vegetables
3. Aliana will buy a red shirt next month
4. She will write some novels next year
5. Somebody will love me
Tidak ada komentar:
Posting Komentar