B)
Guru : Dra. KESI DAMAYANTI
|
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
|
Tgl Ajar :
|
Jam ajar :
| |
Topik bahasan utama : PROCEDURE
| ||||
KD 3
|
KD 4
| |||
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks procedure lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.6. Teks procedure
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks procedure lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi
4.6.2 Menyusun teks procedure, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
| |||
IPK
|
IPK
| |||
1. Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan teks procedure
2. Siswa dapat menyebutkan struktur generik teks procedure
3. Siswa dapat membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam mengawali penyampaian teks procedure
|
1. Siswa dapat mempresentasikaan hasil kerja tim tentang procedure
2. Siswa dapat menulis rangkuman teks procedure dengan kalimatnya sendiri
| |||
Tujuan pembelajaran :
Melalui kegiatan grup diskusi dengan model drill peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis teks procedure, kemudian menemukan struktur generiknya, dan menyusun teks dengan kalimat sendiri dn memperhatikan unsur kebahasaannya serta mempresentasikannya di depan kelas.
| ||||
Apersepsi :
- Tampilkan teks procedure
- Menanyakan beberapa informasi penting tentang isi teks
| ||||
Rencana Evaluasi :
- Struktur generik
- Tanya jawab langsung
- Merangkum teks dengan kalimat sendiri
| ||||
Media referensi :
- Buku siswa
- Teks procedure
|
Alur / Metode Pengajaran
Pendahuluan :
Siswa melakukan proses kritis dari video yang ditayangkan guru tentang sebuah teks procedure --- pert. 1 dan 2
|
Inti :
- Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan arti kata-kata dalam teks procedure ---Literasi --- 50 menit --- pert. 1
- Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan struktur organisasi yang ada dalam teks procedure --- Science --- 20 menit ---pert. 1
- Siswa berkolaborasi secara kreatif menemukan struktur generik yang terkandung dalam teks procedure --- Engineering dan Art --- 30 menit
- Siswa mengkomunikasikan dengan presentasi hasil secara tim melalui praktik di depan kelas dan menuliskan resume dari teks procedure yang telah dibaca ---40 menit
|
Penutup :
- Tes tulis hasil belajar --- pert. 1
- Tes lisan hasil belajar --- pert. 2
- Informasi kegiatan pembelajaran berikutnya
|
LKS – PROCEDURE
Give your sentences
Title
|
................................................................................................................
|
Goal
|
..............................................................................................................................
.............................................................................................................................
|
Material
|
.............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
...........................................................................................................................
|
Steps
|
.............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
...........................................................................................................................
|
Write the generic structure of procedure!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar