MINI RPP BAHASA INGGRIS XI SEM 2 (WAJIB)
TOPIK
|
PEMBELAJARAN
|
ASSESMENT
|
WAKTU
| ||||
Cause and Effect
|
STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics)
|
- Level cognitive : 1 – 6
- Skill 21th century : kritis, kreatif, komunikaasi, kolaborasi
- Keterampilan : menulis dan menampilkan kalimat cause and effect
|
1 pertemuan (90 menit)
| ||||
KD 3
|
KD 4
| ||||||
3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan because of, due to, thanks to)
|
4.7. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindak memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
| ||||||
IPK
|
IPK
| ||||||
1. Siswa dapat menyebutkan contoh kalimat cause and effect
2. Siswa dapat menyebutkan tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan kalimat cause and effect
3. Siswa dapat membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam mengawali penyampaian kalimat cause and effect
|
1. Siswa dapat menyebutkan rumus dari kalimat cause and effect
2. Siswa dapat menulis perubahan kalimat cause and effect
| ||||||
KATA KUNCI
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
| ||||||
- Cause
- Effect
- Reason
|
Melalui kegiatan grup diskusi dengan model drill peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis dan merubah kalimat cause and effect sesuai dengan rumus .
| ||||||
A. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
|
Sumber belajar
| ||||||
1. Pendahuluan (10 menit)
Siswa melakukan proses kritis dari dialog yang ditampilkan di depan kelas
2. Inti (70 menit)
- Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan rumus kalimat pasif cause and effect---Literasi --- 20 menit
- Siswa berkolaborasi dalam tim menentukan perubahan kalimat cause and effect--- Science dan Engineering --- 30 menit
- Siswa mengkomunikasikan dengan presentasi hasil secara tim melalui praktik di depan kelas dan menjawab pertanyaan temannya secara lisan ---Art dan Mathematics --- 20 menit
3. Penutup (10 menit)
- Tes tulis hasil belajar
- Tes lisan hasil belajar
- Informasi kegiatan pembelajaran berikutnya
|
- Buku siswa
- Quipper
- LKS
Alat praktik
- Smart phone
- Laptop
- Rumus bahasa Inggris
| ||||||
B. ASSESMENT PEMBELAJARAN
| |||||||
Pengetahuan
1. Menemukan penyebab (cause) dari suatu masalah
2. Menemukan akibat (effect) yang dapat digambarkan
Keterampilan
1. Mempresentasikan perubahan kalimat cause and effcet di depan kelas
| |||||||
C. Lampiran
- Lembar kerja siswa tentang kalimat cause and effect
| |||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
H. AINUR ROFIQ, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700708 199802 1 005
|
Gresik, 16 Juli 2019
Guru Bahasa Inggris
Dra. KESI DAMAYANTI
NIP. 19690327 200003 2 003
|
LKS – CAUSE AND EFFECT
Write the effect, then write the complete sentence
Example :
Cause : It was very windy
Effect : All the flights were cancelled
Sentence : It was very windy; therefore, all the flights were cancelled
Do as the example :
1. Cause : She ate too much
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
2. Cause : i ran out of money
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
3. Cause : He is afraid to fly
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
4. Cause : After the car accident
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
5. Cause : the milk spilled all over the floor
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
6. Cause : Siti planned a trip to her uncle’s house
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
7. Cause : The greenhouse gases trap the heat in the air
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
8. Cause : Animals are become extinct
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
9. Cause : People killed many Sumatran tigers
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
10. Cause : Early man learnt to grow food
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar