Breaking News

Selasa, 23 Juni 2015

RPP XI ; REPORT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan             : SMA
Mata Pelajaran                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                 : XI /
Materi Pokok                        : Report Text
Alokasi Waktu                      : 1 x 2 jp ( 90 menit )

A.     Kompetensi Inti
KI 1         : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2         : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3         : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4         : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1.         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.2.          Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.


3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI
4.13. Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

1.1.    Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.2.    Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.


3.9   Siswa dapat menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI
4.13. Siswa dapat menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.



C.      Tujuan Pembelajaran
1.1.     Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.9.     Siswa dapat menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI
4.13.    Siswa dapat menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.


D.      Materi Pembelajaran
         
Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,
Fungsi sosial
-       Mengamati alam
-       Menulis  paparan ilmiah mengenai benda,binatang dan gejal/ peristiwa alam 
Struktur
-       Klasifikasi  Umum tentang binatang/ benda yang ditulis, e.g.
        Slow loris is a  mammal. It is found in ... It is a nocturnal animal. It is very small with ....
-       Penggambaran mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
-       Simple Present
-       Kata kerja yang menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam
-       Kata sifat
-       Berbagai kata benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
-       ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
-       Rujukan Kata
-        

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi

F.       Kegiatan Pembelajaran

Fase
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-Guru memberi salam (greeting)
-Guru memeriksa kehadiran siswa
-Guru berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk materi yang akan diajarkan

10 menit
Kegiatan inti























Mengamati
·   Siswa menyimak berbagai contoh/ film ilmiah pendek yang disediakan
·   Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual
·   Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
Mempertanyakan (questioning)
·   Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam paparan tersebut.
·   Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report.
 Mengeksplorasi
Siswa mendengarkan/ membaca/membacakan teks ilmiah faktual dengan membandingkan berbagai teks report dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
Mengasosiasi
·   Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis struktur dan unsur bahasa yang ada dalam beberapa teks report.
·   Siswa mengelompokkan struktur, fungsi sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan penggunaannya.
·   Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan  teman tentang hasil analis  tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok
Komunikasi
·   Siswa menyalin teks report yang didapatkannya  tentang benda, binatang dan gejala alam atau peristiwa lain yang terkait dengan mata pelajaran lain dan  membacakannya di kelas
·   Siswa menyampaikan laporan berupa catatan (note taking) dari hasil membaca beberapa teks ilmiah faktual.
·   Membuat learning journal dalam pembelajaran ini.
·    Pada saat yang sama, antar siswa melakukan penilaian sejawat, tentang teks report yang dihasilkan

60 menit
Penutup


- Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaatnya
- Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- Peserta didik menerima tugas mandiri .
- Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup


10 menit


G.          Alat dan Sumber Belajar
·   Alat dan bahan     :
-          Proyektor/infocus   -          Netbook                     -          Video
-          White Board           -          Powerpoint

·  Sumber Belajar     :
1.    Suara guru.
2.     Buku paket bahasa inggris sma
3.    Internet
4.     
H. Penilaian Hasil Pembelajaran (Assessment)
Kriteria Penilaian:
Tingkat ketercapaian fungsi social tentang teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
· Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata.
·   Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.


Pengamatan (observations): 
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

·         Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·          Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
·          Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi


Gresik, 27 Juli  2015
Mengetahui,
Kepala  SMA N I Menganti                                                         Pengajar,

Muhammad Fadloli, S.Pd.M.M                                                    Dra. Kesi Damayanti
NIP. 19681028 199802 1 001                                                      NIP. 19690327 2003 2 003




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog