Breaking News

Selasa, 23 Juni 2015

RPP XI : ANALYTICAL EXPOSITION

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan         : SMA
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas / Semester           : XI /
Materi Pokok                 : Analytical Exposition Text
Alokasi Waktu               : 1 x 2 jp ( 90 menit )

A.     Kompetensi Inti
KI 1      : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3      : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4      : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1.     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar


2.3.   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional


3.10.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.14   Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum


1.1.   Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3.   Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.10.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.14.  Siswa dapat menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum


C.     Tujuan Pembelajaran
1.1.    Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.    Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.10.  Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14.  Siswa dapat menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum

D.     Materi Pembelajaran
       
Teks eksposisi analitis
Fungsi Sosial
   Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a.  Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b.  Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi sebagai  pendukung
c.  Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
-    Kalimat Simple Present
-    Conditional Clauses
Modals

E.      Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik dengan menggunakan metode diskusi

F.      Kegiatan Pembelajaran

Fase
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-Guru memberi salam (greeting)
-Guru memeriksa kehadiran siswa
-Guru berkomunikasi dengan siswa dan memberi beberapa pertanyaan pancingan untuk materi yang akan diajarkan

10 menit
Kegiatan inti























Mengamati
·      Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis  yang diberikan/ diperdengarkan guru 
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·      Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis
Mempertanyakan (questioning)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·      Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari berbagai sumber.
·      Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·      Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
·      Siswa membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

Mengasosiasi
·      Secara berpasangan siswa  menganalisis beberapa teks eksposisi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
·      Siswa membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan mendengarkan
·      Berkelompok, siswa bertukar cerita tentang teks eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·      Siswa mempresentasikannya di kelas
·      Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari  teks eksposisi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
·      Siswa membuat ‘learning journal’

60 menit
Penutup


-Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaatnya
-Peserta didik dan guru saling memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-Peserta didik menerima tugas mandiri .
-Peserta didik dan guru mengucapkan salam penutup
10 menit


G.         Alat dan Sumber Belajar
·   Alat dan bahan     :
-          Proyektor/infocus          -          Netbook             -          Video
-          White Board     -          Powerpoint

·  Sumber Belajar     :
1.    Suara guru.
2.     Buku paket bahasa inggris sma
3.    Internet
H. Penilaian Hasil Pembelajaran (Assessment)
Kriteria penilaian:
·  Pencapaian fungsi sosial
·  Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
·  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·     Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations):
Sasaran penilaian adalah:
·      Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·    Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks biografi
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·      Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar
·    Kumpulan hasil tes dan latihan.
·     Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain

Gresik, 27 Juli  2015
Mengetahui,
Kepala  SMA N I Menganti                                                         Pengajar,

Muhammad Fadloli, S.Pd.M.M                                                    Dra. Kesi Damayanti
NIP. 19681028 199802 1 001                                                      NIP. 19690327 2003 2 003





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog