Breaking News

Kamis, 16 April 2015

RPP Kelas X : Narrative

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMAN ....
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : X/2
Materi Pokok             : Teks narrative lisan dan tulis berbentuk cerita rakyat sederhana.
Alokasi Waktu           : 12 JP (6 pertemuan)

A.            Kompetensi Inti (KI)
1.             Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.             Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.             Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.       Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3.  Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.10.   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk cerita rakyat rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
1.    Siswa dapat mengidentifikasi karakter yang ada dalam suatu cerita rakyat (teks narratif)
2.                      Siswa dapat mengidentifikasi setting (latar) cerita.
3.                      Siswa dapat mengidentifikasi konflik/ masalah yang ada dalam cerita
4.                      Siswa dapat menjelaskan solusi yang ada dalam cerita
5.                      Siswa dapat mengidentifikasi nilai moral yang ada dalam cerita
6.                      Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan kata kata khusus dalam cerita
7.    Siswa dapat menganalisis penggunaan bentuk kata kerja tertentu dalam cerita
4.15.   Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita rakyat, sederhana.
Indikator:
1.    Siswa dapat menjawab pertanyaan terkait dengan teks cerita rakyat yang dibaca.
2.    Siswa dapat menceritakan kembali suatu cerita rakyat  yang dibaca baik secara lisan maupun tulisan

C.             Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengungkapkan makna teks narratif lisan dan tulis berbentuk cerita rakyat  sederhana dengan menunjukkan perilaku kerjasama dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

D.            Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tertulis berbentuk cerita rakyat sederhana.
Fungsi sosial : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur Teks :
(1)         Pengenalan tokoh dan setting
(2)         Komplikasi terhadap tokoh utama
(3)         Solusi dan akhir cerita
Unsur Kebahasaan :
(1)         Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam cerita rakyat
(2)         Modal auxiliary verbs.
(3)         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)         Rujukan kata

E.             Metode Pembelajaran
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)

F.             Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
-          Power point presentation
-          Rekaman untuk listening
-          Film
-          Gambar
2.      Alat/Bahan
-          Loud speaker laptop
-          Computer
-          LCD
3.      Sumber Belajar
-          Buku cerita kumpulan cerita rakyat
-          Audio CD/VCD/DVD
-          Suara guru
-          www. dailyenglish.com

G.             Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1)       Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2)       Kegiatan Inti
Mengamati
·         Siswa menyimak  contoh teks cerita rakyat  yang  diperdengarkan guru
·         Siswa mendiskusikan  karakter dan setting cerita yang disajikan guru
·         Siswa mengamati nilai moral dari cerita cerita rakyat
·         Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari cerita
·         Siswa membuat daftar cerita rakyat yang pernah didengar atau dibaca

Menanya
·           Siswa mempertanyakan  isi cerita dari berbagai  cerita rakyat  ( cerita)

3)       Kegiatan Penutup
·      Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·      Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 2
1)     Kegiatan Pendahuluan
·      Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·      Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·      Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya;
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran

2)     Kegiatan Inti
Mengeksplorasi (Sesi 1)
·         Siswa menjodohkan serta merangkai cerita cerita rakyat dari gambar dan potongan teks yang disediakan
·         Siswa  membuat kalimat percakapan dari gambar cerita rakyat yang tersedia (komik)

3)     Kegiatan Penutup
·         Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya


Pertemuan 3
1)                  Kegiatan Pendahuluan
·      Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·      Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·      Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya;
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran

2)                  Kegiatan Inti
Mengeksplorasi (Sesi 2)
·         Siswa menyusun cerita serta melengkapi kata rumpang dari teks cerita rakyat yang disediakan guru.  (* siswa menuliskan kembali cerita cerita rakyat dalam susunan yang benar)
·         Siswa melakukan  latihan “reading aloud”
·         Siswa membuat draft  Narrative Plan secara kelompok (Project)

3)                  Kegiatan Penutup
·         Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya


Pertemuan 4
1)     Kegiatan Pendahuluan
·      Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·      Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·       Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya;
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran

2)     Kegiatan Inti
Mengeksplorasi (Sesi 3)
·         Siswa menyelesaikan draf Narrative Plan menjadi cerita cerita rakyat versinya sendiri (kelompok)
·         Siswa  mengembangkan Narrative Plan menjadi cerita cerita rakyat versinya sendiri (kelompok)


3)     Kegiatan Penutup
·         Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 5
1)     Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya;
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran

2)     Kegiatan Inti
Mengasosiasi
·         Siswa mengidentifikasi dan menganalisis bagian bagian cerita  cerita rakyat yang dipelajari dikelas : Orientasi,  Initiating event, Complication, Resolution dsb.
·         Siswa menganalisis penggunaan kata kerja tertentu (unsur  kebahasaan) yang ada pada teks cerita rakyat yang dipelajari dikelas
·         Siswa menganalisis nilai moral yang ada dalam cerita cerita rakyat yang sudah dipelajari
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

3)     Kegiatan Penutup
·         Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 6
1)     Kegiatan Pendahuluan
·           Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·           Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·           Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya;
·           Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·           Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran

2)     Kegiatan Inti
Mengkomunikasikan
·         Siswa menyampaikan informasi fungsi social, struktur, dan unsur kebahasaan yang ditemukan setelah membaca teks cerita rakyat.
·         Siswa menceritakan kembali teks cerita rakyat sederhana yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
·         Siswa melakukan “class exhibition” untuk produk cerita rakyat versinya
·         Siswa memberikan “peer assessment” untuk produk cerita rakyat versi temannya
·         Siswa membuat jurnal belajar

3)     Kegiatan Penutup
·         Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya


H.     Penilaian

1.     Jenis/Teknik Penilaian
·         Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama pembelajaran)
·         Pengetahuan: tes tertulis
·         Keterampilan: reading aloud,  keterampilan mengembangkan draf, project.
2.     Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Peduli
Kerjasama
Cinta damai
1.






2.






3.






4.













40.







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten

Penilaian Proyek

Nama Proyek :
Alokasi waktu:
Pembimbing :

Nama              : (kelompok/pribadi)
Kelas              : ________________________

No.
Aspek
Skor (1 – 5)
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
PERENCANAAN
Pembuatan Narrative Plan






2.
PELAKSANAAN







a.     Isi







b.     Struktur Teks







c.     Kosakata







d.     Kalimat







e.     Mekanik






3.
LAPORAN PROYEK







a.     Performa







b.     Penguasaan materi proyek







Penilaian Role Play (file terlampir/ PDF)

Penilaian Storytelling (file terlampir)













PENUGASAN

Form untuk kegiatan menanya:

Title
Origin
Main Character

1.      Malin Kundang







West Sumatera

Malin

Question from other group:
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Contoh untuk melengkapi rumpang dan menyusun cerita:


KABAYAN NEVER BECAME RICH
Once upon a time in Pasundan West Java, there was a man called Kabayan.  He was very poor, so he really wanted to be a rich man.  He and his wife decided to go to Mountain Gede to spend some time for praying, fasting and meditating, so that their wish to become rich might be granted.
One day, in the midst of their meditation, they heard the voice of god calling them.
“Kabayan!”, said the voice. “ I grant you two wishes.  Only two.  You had better talk it over with your wife before you make them”.
Kabayan and his wife then had a long discussion about what they should wish for.  It seemed that it was impossible for them to agree.  Kabayan wanted to wish a great amount of money, but his wife thought they should wish for abundant supply of rice.  Finally Kabayan became so annoyed with his wife that he said, “ I wish god would turn you into a monkey !”.   Immediately Kabayan’s wish was granted, and he saw his wife transformed into a monkey before his very eyes.
Kabayan regretted his words very much, then he wished that his wife would become herself again.  His wish was promptly granted.  But with these two wishes Kabayan’s chance to ask for wealth was gone.  Therefore he and his wife remained poor as long as they lived.

Source of original text : Margaret Muth Alibasah’s  Indonesian Folktales  in 1998
 
KABAYAN NEVER BECAME RICH










 A.  He (be)……….. very poor, so he really (want)……….. to be a rich man

 

 B.  One day, in the midst of their meditation, they (hear)……… the voice of god calling them

 

 C. Once upon a time in Pasundan West Java, there (be)……… a man called Kabayan. 

 

D. It (seem)……… that it (be)……..impossible for them to agree.  Kabayan (want)……. to wish a great amount of money, but his wife (think)………. they should wish for abundant supply of rice.



 

E.  He and his wife (decide)……. to go to Mountain Gede to spend some time for praying, fasting and meditating, so that their wish to become rich might be granted

 

 F. Finally Kabayan (become)……… so annoyed with his wife that he said, “ I wish god would turn you into a monkey !”. 


 

G.  Kabayan and his wife  then (have)………. a long discussion about what they should wish for.


 

 H.  His wish (be)………. promptly granted, but with these two wishes Kabayan’s chance to ask for wealth (be)……. gone

 
 






















I.  Therefore he and his wife (remain)……. poor as long as they lived.


 

J. Kabayan (regret)…….. his words very much, then he (wish)……… that his wife would become herself again. 


 

K.  Immediately Kabayan’s wish (be)…… granted, and he (see)…… his wife transformed into a monkey before his very eyes.


 
 






                 

L.  “Kabayan!”, said the voice. “ I grant you two wishes.  Only two.  You had better talk it over with your wife before you make them”.


 
 




001.jpgTHE STORY OF TOBA LAKE
002.jpg
 


                                                                                      














003.jpg 004.jpg
 


                                                                                             
















005.jpg,007.jpg
008.jpg
006.jpg





















                                                     











        


010.jpg009.jpg                 




















                                 








Once upon a time in a village in North Sumatera, there was a farmer named Toba. He lived alone in a small house.  His parents had passed away. To fulfill his daily needs, Toba got from his rice field and garden. The local population knew him as a kind guy.  In addition, he was also known as helping – handed man.
 
 











         




One day, Toba went fishing  in a river. After a long waiting, he felt something pulling his fishing road. He pulled it as strong as he could. Apparently, there was a big fish hooked at his fishing hook.
 


Toba brought that big fish home right away. When he arrived at home, he placed the fish. Then he went out to look for firewood. However, when he went back home, he did not find the fish. But, how surprised he was seeing a beautiful girl sitting on a chair.  He really fell in love with her
 


Toba told her his feeling and asked her to marry him.  The beautiful girl told him that she would only agree to be his wife if he promised to keep the secret of her origin.  Toba agreed, then they were married and lived happily in Toba’s village.
 
 









































God blessed Toba and his wife a son. They called him Samosir. They loved him very much. As his mother  always spoiled him with all that he wanted, Samosir  grew to be a bad boy.
 


One day, Toba was so angry at Samosir, because Samosir had eaten all his lunch. Toba hit his son again and again.  “You are a crude boy. You are just an insolent fish descent!”, Toba snapped at his son.
 


Samosir cried and ran home right away. When he arrived home, he sadly told his mother that he had been hit by his father. He also told her what his father  told him about his mother’s origin. His mother was deeply sad on hearing her son’s story. Her husband had broken his vow.
 


Toba’s wife asked her son to run to the hill which was not far from their house. Not only that, she also asked him to climb up the highest three in the hill. Samosir obeyed his mother’s command. He ran fast to reach the hill.
 


Toba’s wife went out from her house. From the distance, she saw her son already reached the hill. She ran to a river. Suddenly the weather was changing. Clouds were covering that area, thunders were crushing and rain was falling down heavily. Toba’s wife  jumped into the river, then turned into a big fish. The water now greatly overflew.
 
 












































































When Toba saw the weather was changing, he tried to save his life. Unfortunately, it was all too late. The water came to him, took him away, then he was drowned . No one could see him again. At the moment  Toba’s place became a large lake. People then called it as TOBA LAKE.
 
 




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog