Breaking News

Kamis, 16 April 2015

RPP KElas X : Congratulating Other

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

            Sekolah                       : SMAN
            Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris (wajib)
            Kelas/ Semester           : X / 1
            Materi Pokok              : Congratulating Others
            Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit
 


A.    Kompetensi  Inti  ( KI )
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, tpleran, damai ), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahg abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator: Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari cara mengucapkan ucapan selamat di dalam bahasa Inggris.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
Indikator:
Menunjukkan perilaku perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi fungsional dengan guru dan teman
3.5                         Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
1.   Mengenal fungsi social ungkapan ucapan selamat.
2.   Mengidentifikasi struktur ungkapan ucapan selamat.
3.   Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan ucapan selamat.
4.5                         Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai dengan konteks.
Indikator:
Mempresentasikan teks lisan dan tulis untuk mengucapkan ucapan selamat.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Diberikan penjelasan mengenai pentingnya fungsi mengucapkan ucapan selamat di dalam bahasa Inggris siswa mampu mensyukuri kesempatan dapat mempelajarinya dengan baik.
2.      Diberikan kesempatan untuk berkomunikasi fungsional dalam rangka mengucapkan ucapan selamat dengan guru dan teman. siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dengan baik.
3.      Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat, siswa mampu mengenal fungsi sosial teks tentang mengucapkan ucapan selamat dengan akurat.
4.      Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut siswa mampu mengidentifikasi struktur teks mengucapkan ucapan selamat secara tepat.
5.      Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut siswa mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan teks mengucapkan ucapan selamat dengan tepat.
6.      Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut siswa mampu mempresentasikan teks lisan dan tulis untuk mengucapkan ucapan selamat.
MATERI AJAR
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.

Struktur Text
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
Ungkapan
a.       Congratulations....
b.      Good job....
c.       Well done...
d.      Have a good...
e.       I convey my congratulations to you..
f.       Thank you very much...
g.       Oh, it is nothing..
7.      Unsur kebahasaan:
a.       Kata dan tata bahasa baku.
b.      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
c.       Ucapan, tekanan, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
8.      Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan      : Scientific Approach
Metode                        :  Role Play.
MEDIA PEMBELAJARAN
Naskah print out dialog tentang ucapan selamat.
Gambar orang yang sedang member ucapan selamat
SUMBER BELAJAR

EGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
Greeting (Guru menyapa siswa)
Mengecek kehadiran siswa
Memberitahukan tujuan pembelajaran kepada siswa
Menjelaskan cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.
2.      Kegiatan inti (70 menit)
Mengamati
Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR  dan naskah dialog.
Siswa membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain.
Mengeksplorasi
Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber.
Siswa bergantian membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat.
Siswa mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
Siswa berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
Siswa membuat kartu ucapan selamat.
Siswa memperoleh feedback.
3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa dan guru menyimpulkan tentang materi pelajaran tentang mengucapkan selamat.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat sendiri teks dialog tentang mengucapkan selamat dengan memperhatikan struktur kebahasaan yang baik dan benar.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru memberikan salam penutup dan harapan / motivasi kepada siswa.
PENILAIAN (ASSESSMENT)
1.      Tujuan Pembelajaran, teknik dan instrument
Tujuan Pembelajaran
Teknik
Instrumen
1.    Diberikan penjelasan mengenai pentingnya fungsi mengucapkan ucapan selamat di dalam bahasa Inggris siswa mampu mensyukuri kesempatan dapat mempelajarinya dengan baik.
2.    Diberikan kesempatan untuk berkomunikasi fungsional dalam rangka mengucapkan ucapan selamat dengan guru dan teman. siswa mampu menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dengan baik.
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
3.    Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat, siswa mampu mengenal fungsi sosial teks tentang mengucapkan ucapan selamat dengan akurat.
4.    Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut siswa mampu mengidentifikasi struktur teks mengucapkan ucapan selamat secara tepat.
5.    Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut siswa mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan teks mengucapkan ucapan selamat dengan tepat.
6.    Diberikan contoh teks mengucapkan ucapan selamat dan penjelasan tentang teks tersebut siswa mampu mempresentasikan teks lisan dan tulis untuk mengucapkan ucapan selamat.

Teks Unjuk Kerja
Rubrik

2.      Instrumen
a.      Lembar Pengamatan Sikap
Nama Siswa            :..............................................
Kelas                       :..............................................

NO
ASPEK YANG DINILAI
1
2
3
4
5
CATATAN
1
Menunjukkan rasa syukur di dalam memperlajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional






2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab






3
Menunjukkan sikap peduli






4
Menunjukkann sikap kerjasama






5
Menunjukkan sikap cinta damai







KETERANGAN :
1.   Belum terlihat
2.   Jarang terlihat
3.   Kadang – kadang terlihat
4.   Sering terlihat
5.   Selalu terlihat
b.      Rubrik Unjuk Kerja
-           Mempresentasikan teks lisan

PENILAIAN PENGETAHUAN
MATA PELAJARAN            : …………………………………………….
KELAS                      : …………………………………………….
MATERI                    : …………………………………………….
NO
ASPEK YANG DINILAI
1
2
3
4
5
CATATAN
1
Fluency






2
Understanding






3
Vocabulary






4
Pronunciation






5
Intonation







Rubrik Penilaian
Fluency
1.     Bad
2.     Not Fluent Enough
3.     Fluent Enough
4.     Fluent
5.     Very Fluent.

Understanding
1.   Tidak memahami
2.   Kurang memahami
3.   Cukup memahami
4.   Memahami
5.   Sangat memahami
Pronunciation  
1      : Sulit dipahami
2      : Banyak kesalahan dan  mengganggu makna
3      : Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
4      : Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
5      : Hampir sempurna
Vocabulary
1      : Banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
2      : Banyak kesalahan dan  mengganggu makna
3      : Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
4      : Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
5      : Hampir sempurna
Intonation
1           : Tidak tepat
2           : Kurang tepat
3           : Cukup tepat
4           : Tepat
5           : Sangat tepat
-           Mempresentasikan teks tulis dialog
  

PENILAIAN KETERAMPILAN
MATA PELAJARAN          : …………………………………………….
KELAS                    : …………………………………………….
MATERI                 : …………………………………………….

NO
ASPEK YANG DINILAI
1
2
3
CATATAN
1
Ketepatan penggunaan ungkapan




2
Keruntutan kalimat ungkapan





Rubrik Penilaian
Ketepatan penggunaan ungkapan
1           : kurang
2           : cukup baik
3           : baik
Keruntutan kalimat ungkapan
1           : kurang
2           : cukup
3           : baik


                                                                                             Surabaya, 26 Juni 2014
                                                                                         Peserta pelatihan kur 2013





                                                                                              

                                                                                                       

Lampiran
Contoh Teks dialog mengucapkan selamat.
Rahel : Hey, Daniel! How was the economics competition? Did you and your team go home with the trophy?
Daniel : Thank God, we did. Fortunately we succeeded to get the first place.
Rahel : Wow that’s a good job, Dan. Congratulation on your team success!
Daniel : Thank you very much for saying so, Rahel. So, how about you and your team in astronomy competition?
Rahel : Unfortunately, I and my team didn’t get the first place. We got the third place but I was really happy since we had won over many other teams and gone that far.
Daniel : That’s the spirit, Rahel! I am sure you and your friend did it very well. I congratulate you on your great success.
Rahel : Thank you very much, Daniel. We still have to learn more to be the first like your teams did.
Daniel : Cool! Let’s fight for the next competition!
Teks 2
Naskah Teks dialog dari Video percakapan mengucapkan selamat.

Farhan : So, how long has it been since the first publishing of your first novel?
Yola : It’s been 3 weeks since then.
Farhan : So, how many copies have been sold this far?
Yola : Thank God. Many people seem to like it very much. Since the first publishing 3 weeks ago, there have been over 500 copies sold.
Farhan : Splendid! I’d like to congratulate you on your success at your first time publishing your novels.
Yola : Thank you very much, Mr. Farhan. It’s very kind of you to say so
Farhan : Keep the good work, Yola. I know you could be a great author someday.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog