Breaking News

Selasa, 14 April 2015

Abstrak PTK : Kemampuan Menulis Bahasa Inggris




 Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Pada Pembelajaran Teks Naratif Melalui Penggunaan Media Gambar Untuk Siswa Kelas XII IPA 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Menganti Gresik Tahun Pelajaran 2014-2015


  KESI DAMAYANTI
Guru SMAN 1 Menganti Gresik


ABSTRAK
Peneliti melakukan PTK dengan judul “Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Pada Pembelajaran Teks Naratif Melalui Penggunaan Media Gambar Untuk Siswa Kelas XII IPA 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Menganti Gresik Tahun Pelajaran 2014-2015”. Obyek penelitian adalah siswa kelas XII program Ilmu Pengetahuan Alam 2 dengan jumlah 7 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Total siswa adalah 31 orang. Penelitian dilakukan pada semester 1 selama 2 bulan dimulai bulan Agustus sampai Sepetember 2014 dengan materi teks naratif.
Dari uraian latar belakang sebagaimana disebutkan di atas, masalah yang muncul dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Apakah pembelajaran menulis dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA 2 ?
2.      Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan media gambar?
Tujuan penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengatasi masalah kemampuan menulis siswa agar tidak terpaku pada teks yang telah dibacanya.
2.      Agar siswa dapat menggunakan imajinasinya membuat tulisan tanpa bergantung pada teks yang sudah ada.
3.      Agar siswa dapat meningkatkan kemampuan kosakatanya.
4.      Agar siswa dapat terbiasa menggunakan struktur kalimat yang benar.
5.  Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan.
6.      Untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Dari hasil data pengamatan guru yang dilakukan bersama observer sebelumnya diketahui sebagian kecil siswa dapat menulis dengan menggunakan imajinasinya atau dengan kata lain menggunakan kata-katanya sendiri, sedangkan sebagian yang lainnya masih terpaku pada kalimat teks yang dibacanya. Sehingga tulisannya/karangannya kurang lebih akan sama dengan teks yang dibacanya. Pemahaman siswa akan struktur kalimat yang benar dalam pembelajaran naratif juga perlu ditingkatkan. Dengan adanya penelitian ini, guru dan observer pertama-tama memberi pembekalan tentang struktur kalimat, teks organisasi, dan kosakata baru yang muncul dalam pembelajaran naratif (Legend, Fairy Tale, Folk Tale, Fable).

Kata Kunci : Meningkatkan Kemampuan Menulis, Teks Naratif, Media Gambar

A.    PEMBAHASAN
   Pembelajaran bahasa tidak terlepas dari 4 keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). (Silabus Bahasa Inggris SMA). Keterampilan menulis berbanding lurus dengan keterampilan berbicara (Bryne, 1995). Guru menyelaraskan keempat kemampuan untuk dapat dipelajari siswa dalam setiap jenis teks. Bila siswa mampu berbicara dengan baik dan lancar belum tentu dia dapat menulis dengan benar. Faktor kebahasan dan struktur kalimat juga mempengaruhi tulisannya.
    Teks naratif adalah mengisahkan suatu cerita atau kejadian. Dalam silabus bahasa Inggris SMA, teks naratif dipelajari di setiap semester. Fungsinya adalah untuk menghibur, mendapat, dan mempertahankan perhatian pembaca atau pendengar. Tujuan pembelajaran naratif adalah untuk mendidik, memberitahu, menyampaikan refleksi tentang pengalaman pengarangnya, dan mengembangkan imajinasi pembaca/ pendengar.
  Menurut Katherine Klepper Merseth penggunaan media gambar dijadikan pemantik untuk meningkatkan imajinasi siswa dalam menulis. Gambar bernilai lebih dari seribu kata. Kata-kata mencerminkan pesan tergambarkan secara luas. Media gambar yang dipakai bisa berupa kartun, komik, ilustrasi, dan sebagainya.    
   Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I, peneliti meminta siswa menulis cerita berdasar gambar dalam bentuk monolog. Dengan pembekalan yang telah diberikan sebelumnya, diperoleh hasil 90% siswa mendapat nilai 90 yang berarti sangat baik. Pada siklus II, peneliti meminta siswa menulis cerita berdasar gambar dalam bentuk dialog. Hasil yang didapat 90% mendapat nilai 95 yang berarti kemampuan menulisnya juga sangat baik. Hal itu dimungkinkan karena dialog menggunakan kata-kata yang tidak terlalu panjang, sedikit berstruktur dan banyak kata/kalimat pernah dipergunakan ataupun didengar dalam keseharian.

B.     PENUTUP
     Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa, maka peneliti berkesimpulan sebagai berikut :
1.    Pembelajaran naratif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa khususnya menulis dengan menggunakan media gambar sebagai pemantik. Gambar memunculkan beribu kata yang dapat digunakan sebagai sarana menyempurnakan tulisan.
2.   Membekali siswa terlebih dahulu dengan materi yang mendukung dalam keberhasilan menulis juga sangat diperlukan. Dengan penguasaan struktur bahasa yang benar dan mengetahui kosakata pendukung, mempermudah siswa mencapai keberhasilan dalam menulis.
3.   Kemampuan menulis sangat mutlak diperlukan bagi siswa SMAN 1 Menganti khususnya kelas XII IPA2. Kemampuan tersebut dapat dijadikan bekal dalam melanjutkan sekolah di jenjang yang lebih tinggi atau untuk mendapat pekerjaan.

      Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti memberi saran-saran sebagai berikut:
1.  Untuk guru, sebaiknya terlebih dahulu membekali siswa dengan materi yang sesuai dengan pembelajaran naratif, memberi contoh-contoh, dan membantu dengan sabar dalam menulis. Setiap siswa mempunyai kemampuan memaahami materi yang berbeda-beda.
2.   Untuk siswa, terulah bersemangat berlatih mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan naratif dan menulis monolog dan dialog. Keterampilan dapat dipelajari dengan menjadikannya kebiasaan.

DAFTAR PUSTAKA

Byrne, D (1995), Teaching Writing Skills, London : Longman
Crimmon, James, Writing With A Purpose, Houghton, USA, 1983
Henry Guntur Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa, Bandung, 1986
Pratmoko, A., Pegasus Mail System. Puslit Media Universitas Terbuka
Selinger, H.W. & Shohany, E (1989)., Second Language Research Methods. Oxford University Press.









  

1 komentar:

  1. PTK ini telah diujikan pada siswa pemilik blog seperti dituliskan di atas

    BalasHapus

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog