Breaking News

Minggu, 28 Juni 2020

MINI RPP : PASSIVE

MINI RPP BAHASA INGGRIS XI SEM 1 (WAJIB)
TOPIK
PEMBELAJARAN
ASSESMENT
WAKTU
Passive Sentence
STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics)
Level cognitive : 1 – 6
Skill 21th century : kritis, kreatif, komunikaasi, kolaborasi
Keterampilan : menulis dan menampilkan kalimat passive
1 pertemuan (90 menit)
KD 3
KD 4
3.5    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan kalimat pasif)
4.5.  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindak memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
IPK
IPK
1. Siswa dapat menyebutkan contoh kalimat pasif
2. Siswa dapat menyebutkan tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan kalimat pasif
3. Siswa dapat membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam mengawali penyampaian kalimat pasif
1. Siswa dapat menyebutkan rumus dari kalimat pasif
2. Siswa dapat menulis perubahan kalimat aktif menjadi pasif

KATA KUNCI
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kalimat aktif
Kalimat pasif
Rumus present
Rumus past
Rumus future
Melalui kegiatan grup diskusi dengan model drill peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis dan merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif sesuai dengan rumus yang diajarkan dalam present tense, past tense, dan future tense.
A. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
Sumber belajar
1. Pendahuluan (10 menit)
Siswa melakukan proses kritis dari dialog yang ditampilkan di depan kelas
2. Inti (70 menit)
Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan rumus kalimat pasif ---Literasi --- 20 menit
Siswa berkolaborasi dalam tim menentukan perubahan kalimat aktif menjadi kalimat pasif--- Science dan Engineering --- 30 menit
Siswa mengkomunikasikan dengan presentasi hasil secara tim melalui praktik di depan kelas dan menjawab pertanyaan temannya secara lisan ---Art dan Mathematics --- 20 menit
3. Penutup (10 menit)
Tes tulis hasil belajar
Tes lisan hasil belajar
Informasi kegiatan pembelajaran berikutnya
Buku siswa
Quipper
LKS

Alat praktik
Smart phone
Laptop
Rumus bahasa Inggris
B. ASSESMENT PEMBELAJARAN
Pengetahuan
1. Merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
2. Menemukan dan menjelaskan rumus kalimat pasif
Keterampilan
1. Mempresentasikan perubahan kalimat aktif menjadi pasif di depan kelas
C. Lampiran
Lembar kerja siswa tentang kalimat pasif
Mengetahui,
Kepala Sekolah



H. AINUR ROFIQ, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700708 199802 1 005
Gresik, 16 Juli 2019
Guru Bahasa Inggris



Dra. KESI DAMAYANTI
NIP. 19690327 200003 2 003










LKS – PASSIVE SENTENCE

        
Change these sentences into passive!

A. PRESENT
1. This boy cooks the menu
2. My little sister waters vegetables
3. Aliana buys a red shirt every Chinese New Year
4. She writes some novels every year
5. Everybody loves me

B. PAST
1. This boy cooked the menu
2. My little sister watered vegetables
3. Aliana bought a red shirt last year
4. She wrote some novels last year
5. Somebody loved me

C. FUTURE
1. This boy will menu
2. My little sister will water vegetables
3. Aliana will buy a red shirt next month
4. She will write some novels next year
5. Somebody will love me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog