Breaking News

Minggu, 28 Juni 2020

MINI RPP : CAUSE AND EFFECT

MINI RPP BAHASA INGGRIS XI SEM 2 (WAJIB)
TOPIK
PEMBELAJARAN
ASSESMENT
WAKTU
Cause and Effect
STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics)
Level cognitive : 1 – 6
Skill 21th century : kritis, kreatif, komunikaasi, kolaborasi
Keterampilan : menulis dan menampilkan kalimat cause and effect
1 pertemuan (90 menit)
KD 3
KD 4
3.7    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan because of, due to, thanks to)
4.7.  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindak memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
IPK
IPK
1. Siswa dapat menyebutkan contoh kalimat cause and effect
2. Siswa dapat menyebutkan tentang fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan kalimat cause and effect
3. Siswa dapat membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam mengawali penyampaian kalimat cause and effect
1. Siswa dapat menyebutkan rumus dari kalimat cause and effect
2. Siswa dapat menulis perubahan kalimat cause and effect

KATA KUNCI
TUJUAN PEMBELAJARAN
Cause
Effect
Reason
Melalui kegiatan grup diskusi dengan model drill peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis dan merubah kalimat cause and effect sesuai dengan rumus .
A. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
Sumber belajar
1. Pendahuluan (10 menit)
Siswa melakukan proses kritis dari dialog yang ditampilkan di depan kelas
2. Inti (70 menit)
Siswa berkolaborasi dalam tim menemukan rumus kalimat pasif cause and effect---Literasi --- 20 menit
Siswa berkolaborasi dalam tim menentukan perubahan kalimat cause and effect--- Science dan Engineering --- 30 menit
Siswa mengkomunikasikan dengan presentasi hasil secara tim melalui praktik di depan kelas dan menjawab pertanyaan temannya secara lisan ---Art dan Mathematics --- 20 menit
3. Penutup (10 menit)
Tes tulis hasil belajar
Tes lisan hasil belajar
Informasi kegiatan pembelajaran berikutnya
Buku siswa
Quipper
LKS

Alat praktik
Smart phone
Laptop
Rumus bahasa Inggris
B. ASSESMENT PEMBELAJARAN
Pengetahuan
1. Menemukan penyebab (cause) dari suatu masalah
2. Menemukan akibat (effect) yang dapat digambarkan
Keterampilan
1. Mempresentasikan perubahan kalimat cause and effcet di depan kelas
C. Lampiran
Lembar kerja siswa tentang kalimat cause and effect
Mengetahui,
Kepala Sekolah



H. AINUR ROFIQ, S.Pd, M.Pd
NIP. 19700708 199802 1 005
Gresik, 16 Juli 2019
Guru Bahasa Inggris



Dra. KESI DAMAYANTI
NIP. 19690327 200003 2 003










LKS – CAUSE AND EFFECT

        
Write the effect, then write the complete sentence

Example :
Cause : It was very windy
Effect : All the flights were cancelled
Sentence : It was very windy; therefore, all the flights were cancelled

Do as the example :

1. Cause : She ate too much
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

2. Cause : i ran out of money
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

3. Cause : He is afraid to fly
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

4. Cause : After the car accident
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

5. Cause : the milk spilled all over the floor
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

6. Cause : Siti planned a trip to her uncle’s house
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

7. Cause : The greenhouse gases trap the heat in the air
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

8. Cause : Animals are become extinct
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

9. Cause : People killed many Sumatran tigers
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................

10. Cause : Early man learnt to grow food
Effect : ....................................................
Sentence : ...................................................




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog