Breaking News

Minggu, 24 Mei 2015

Feature : Belajarlah Kepada Junior

Belajarlah Kepada Junior
Feature :
Kesi Damayanti
Guru SMA Negeri 1 Menganti Gresik



Pagi itu kami sekeluarga meluncur ke arah jantung kota Jakarta. Monas adalah tujuan kami yang pertama. Monumen Nasional terletak di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.  itu adalah monumen peringatan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Dengan ketinggian 132 meter, puncaknya yang berbentuk api dilapisi dengan emas.
Sepanjang perjalanan keindahan kota dan gedung-gedung tingginya memberikan rasa takjub di hati. Tak berapa lama sesampai kami di Monas, hujan deras mengguyur kota. Deras dan lama. Rusaklah acara yang telah kami susun. Kami hanya bisa terdiam di tempat kami berada . Banjir menggenangi kota sampai selutut orang dewasa. Kamipun gelisah dibuatnya.
Walaupun Jakarta ibukota Negara Indonesia dan sekaligus kota metropolitan, tetapi sering kudengar di televisi berita tentang bencana yang sering melandanya. Banjir, polusi, dan macet menjadi santapan sehari-hari warga Jakarta. Sungguh ironi mengetahuinya. Keadaan kota seakan berbanding terbalik dengan kemegahan dan kesohorannya.
Sebaiknya gubernur Jakarta sekarang, Ahok, sudi berkunjung ke Surabaya dan belajar tata kota kepada walikota Surabaya, Tri Risma Harini. Ibu walikota tersebut pasti dengan tangan terbuka mengajarkan bagaimana beliau menggali tanah dalam-dalam dan menempatan beton-beton raksasa di bawahnya. Tips jitu tersebut sedang dikerjakan oleh beliau sekarang ini.
Seperti diketahui banyak daerah di Surabaya di tanam beton-beton sebagai pengganti gorong-gorong dan selokan kecil. Pelebaran jalan dengan melewati atas beton-beton  yang telah menamcap di perut bumi tersebut. Dampak lingkungan juga tidak luput dari perhatiannya. Sampah-sampah penyumbat diangkut jauh dari pemukiman dan direcycle.  Perlahan tapi pasti kota Surabaya bakal terbebas dari masalah lingkungan tersebut. Mungkinkah kota besar berjuluk Jakarta belajar kepada juniornya Surabaya?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog