Breaking News

Minggu, 24 Mei 2015

Artikel Pendidikan : Belajar Lewat Contoh

Belajar Lewat Contoh


Manusia mempunyai hak dalam belajar. Tidak terkecuali. Anak-anak sampai orang dewasa. Apalagi pepatah mengatakan belajar selagi kecil seperti menggambar di atas batu. Arti pepatah itu menggambarkan betapa mudahnya mengajari anak kecil ketimbang orang dewasa. Tapi perlu diingat anak-anak lebih mudah belajar lewat contoh yang dilihatnya.
Anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Maka seharusnya orang dewasa memberi contoh terbaik untuk mereka. Contoh membantu pekerjaan rumah adalah hal yang termudah.
Anak perempuan biasanya membantu pekerjaan ibunya di rumah. Memasak, membersihkan rumah, menyeterika baju, mencuci dan masih banyak lagi. Hal itu telah dianggap lumrah dan seharusnya juga begitu. Dengan contoh dan beberapa kali latihan serta tanggung jawab yang dibebankan orang tua kepadanya, anak perempuan cenderung aktif dan responsif melakukan tanggung jawab tersebut.
Lalu bagaimana dengan anak laki-laki?
Silabus pembelajaran di sekolah tidak membedakan cara pelaksanaan dan hasil yang dicapai dengan melihat gender. Laki-laki dan perempuan sama saja. Semua harus melewati proses pembelajaran yang direncakan oleh seorang guru. Tugas sosial mereka pun sama bebannya. Tugas piket kelas dijalankan dengan baik oleh semua gender. Anak perempuan pun juga bisa menjadi ketua kelas.
Melihat contoh di atas, sebaiknya orang tua juga tidak membedakan gender anaknya dalam mengerjakan tugas-tugas di rumah. Tugas yang mudah dan rutin sebaiknya dibagi sama rata antara anak laki-laki dan anak perempuan. Namun tugas yang baru, sulit dan menantang sebaiknya ditawarkan kepada mereka.

Hari ini suamiku memperbaiki mobil di rumah. Memang pekerjaan itu adalah salah satu keahliannya. Ditawarilah anak perempuanku untuk membantu. Tetapi dia menolak dengan alasan tidak suka dan tidak cocok. Sebaliknya dia tidak menawarkan pada anak lelakiku, namun memintanya dengan sedikit memaksa. Walaupun terasa berat awalnya, toh akhirnya anakku tersebut terlihat menikmati tugas yang dilakukan bersama ayahnya tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog